ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERDASARKAN TEORI NOLTING

Fadhilah Nurmahdiyah, Universitas Negeri Yogyakarta
Elly Arliani, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi fungsi kuadrat berdasarkan Teori Nolting. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 102 siswa kelas X di salah satu SMA di Cibinong. Data diperoleh dari hasil jawaban siswa mengerjakan soal tes masalah kontekstual berupa 4 soal uraian dan hasil wawancara dengan beberapa siswa. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah mereduksi data dengan mengelompokkan bentuk kesalahan siswa berdasarkan Teori Nolting, penyajian data dengan berbantuan tabel serta berupa hasil jawaban siswa dan hasil wawancara, selanjutnya diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa sebanyak 193 kesalahan. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa ada pada jenis kesalahan karena kecerobohan sebanyak 69 kesalahan dengan persentase 35,75%, penyebab banyak siswa melakukan kesalahan tersebut adalah siswa tidak teliti dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya jenis kesalahan konsep sebanyak 50 kesalahan dengan persentase 25,91%, lalu jenis kesalahan membaca petunjuk sebanyak 38 kesalahan dengan persentase 19,69%, dan terkecil ada pada jenis kesalahan penerapan konsep sebanyak 36 kesalahan dengan persentase 18,65%.

Keywords


analisis kesalahan; masalah kontekstual matematika; fungsi kuadrat; Teori Nolting

Full Text:

PDF

References


Azizah, Laily., Khoiri Miftahul. (2022). Student Errors Analysis on the Subject of Class VII Algebraic Form Based on Nolting’s Theory. Focus Action of Research Mathematic. 5(1), 78-96. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.578

Hasibuan, Eka Khairani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 18-30. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Putri, Novita Ria. (2022). “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Masalah Kontekstual dalam Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berdasarkan Teori Nolting”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Tadris Matematika. IAIN Batusangkar. Batusangkar.

Rachmawati, Andhita & Adirakasiwi, Alpha Galih. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(4), 835-842. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Prikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Saleh, Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Taufiqoh, Tuqo., Fitri, Amalia. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Berdasarkan Teori Nolting. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan. 3, 741-750.

Ulpa, F., Maharani, S, A., Marifah, S., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education. 3(2), 67-80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, A, J, L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 448-458.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i2.19602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia