SPLIT-ATTENTION DAN PENGARUHNYA DALAM VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KOORDINAT KARTESIUS DAN COGNITIVE LOAD SISWA KELAS VIII
Endah Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji: (1) pengaruh split-attention dalam video pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII, (2) pengaruh split-attention dalam video pembelajaran matematika terhadap cognitive load siswa kelas VIII. Pengaruh tersebut diuji pada materi posisi titik dalam koordinat kartesius. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang telah mempelajari materi koordinat kartesius kelas VI namun belum mempelajari materi koordinat kartesius kelas VIII. Secara acak dipilih dua kelas dari suatu SMP di Kota Jeddah, Saudi Arabia tahun ajaran 2022/2023 sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep matematis dan self-rating untuk mengukur cognitive load. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan analysis of covariat (ANCOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Kovariat dalam penelitian ini berkaitan dengan kemampuan awal siswa pada materi koordinat kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) split-attention dalam video pembelajaran matematika tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa, 2) split-attention dalam video pembelajaran matematika berpengaruh signifikan terhadap cognitive load siswa.
Kata kunci: split-attention; video pembelajaran; pemahaman konsep matematis; cognitive load.
References
Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2009). Psychology of classroom learning: An encyclopedia. Macmillan Reference USA.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).
Ericsson, K. A., & Kintsch, W. (1995). Long-term working memory. Psychological review, 102(2), 211.
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Jafar, G. F., Muhsetyo, G., & Parta, I. N. (2019). Kesalahan Siswa Yang Mengalami Split Attention Dalam Menyelesaikan Masalah Spldv. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 691-699.
Kalyuga, S. (2009). Knowledge elaboration: A cognitive load perspective. Learning and Instruction, 19(5), 402-410.
Kalyuga, S., Chandler, P., & Sweller, J. (1999). Managing split‐attention and redundancy in multimedia instruction. Applied Cognitive Psychology: The Official Journal of the Society for Applied Research in Memory and Cognition, 13(4), 351-371.
Richard E. Mayer (2002) Rote Versus Meaningful Learning, Theory Into Practice, 41: (4), 226-232, DOI: 10.1207/s15430421tip4104_4.
Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2014). 12 principles for reducing extraneous processing in multimedia learning: Coherence, signaling, redundancy, spatial contiguity, and temporal contiguity principles. The Cambridge handbook of multimedia learning, 279.
Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A split-attention effect in multimedia learning: Evidence for dual processing systems in working memory. Journal of educational psychology, 90(2), 312.
Pangesti, F. T. P. (2015). Efek cognitive load theory dalam mendesain bahan ajar geometri. In Seminar Nasional M atematika Dan Pendidikan M atematika Universitas Negeri Yogyakarta.
Pangesti, F. T. P., & Retnowati, E. (2017). Pengembangan bahan ajar geometri SMP berbasis cognitive load theory berorientasi pada prestasi belajar siswa. Pythagoras, 12(1), 33-46.
Retnowati, E. (2008, November). Keterbatasan memori dan implikasinya dalam mendesain metode pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978-979).
Retnowati, E. (2019). Psychology of mathematics learning constructing knowledge. Yogyakarta: UNY Press.
Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi Meminimalkan Beban Kognitif Eksternal Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Load Cognitive Theory. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 17-32.
Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13-23.
Smith, E. E., & Kosslyn, S. M. (2014). Cognitive Psychology-Mind and brain.. UK, Harlow.
Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Journal Cognitive Science. 257-285. New South Wales, Australia: University of New South Wales.
Sweller, J. (1999). Managing split-attention and redundancy in multimedia instruction. Applied Cognitive Psychology, 13(4), 351–371.
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory. London, New York: Springer.
Wibawanto, H. (2011). Prinsip Perancangan Bahan Ajar Multimedia Berdasarkan Teori Beban Kognitif. Kurikulum. DP. Jilid 11, Bil 1.
Yohanes, B. (2022). Beban Kognitif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Pembuktian Tidak Ada Bilangan Rasional R Sehingga R2= 2. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan Ipa Universitas Pgri Banyuwangi, 2(1), 37-46.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i2.19419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
View My Stats