PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELEJARAN BERBASIS GAME RPG UNTUK MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Saka Aji Pangestu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wahyu Setyaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Pada abad ke 21 keterampilan tingkat tinggi dan teknologi merpuakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Terlebih lagi, kecenderungan akan bermain game cukup tinggi. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran game RPG diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan game RPG yang berorientasi dengan soal HOTS. Metode yang digunakan pada penelitian adalah pengembangan model ADDIE. Karakteristik yang terdapat dalam game, yaitu memutuskan apa yang harus di percaya, memutuskan apa yang harus dilakukan, mengkreasi hal baru atau berpikir kreatif, membuat prediksi, dan memecahkan masalah yang tidak rutin. Game RPG yang dikembangkan dinyatakan layak karena 1) game RPG Math Advent dinilai valid secara media dengan skor 4.39, valid secara materi dengan skor 4.39, dan valid oleh guru dengan skor 3.98; 2) game RPG Math Advent dinilai praktis dengan skor kepraktisan dari guru sebesar 3,78 dan skor kepraktisan dari siswa sebesar 3,74.


Keywords


Game RPG, Media Pembelajaran, HOTS, RPG, Game

References


Akker, J. V. D. (1999). Principles and methods of development research. In Design approaches and tools in education and training (pp. 1-14). Springer, Dordrecht.

Bowman, S. L. (2010). The functions of role-playing games: How participants create community, solve problems and explore identity. McFarland.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Dempsey, J. V. (1996). Instructional Applications of Computer Games

Devlin, K. (2011). Mathematics education for a new era: Video games as a medium for learning. CRC Press.

Dondlinger, M. J. (2007). Educational video game design: A review of the literature. Journal of applied educational technology, 4(1), 21-31.

Eldiana, N. F. (2019). Pengembangan Game “Coc” Rpg Maker Mv Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kpk. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 150-160.

Fisch, S. M. (2005). Making educational computer games "educational". Paper presented at the 2005 Conference on Interaction design and children, Boulder, CO.

Hitchens, M., & Drachen, A. (2009). The many faces of role-playing games. International journal of role-playing, 1(1), 3-21.

Kemdikbud. (2016). Undang-Undang RI Nomor 21, tahun 2016, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Kemdikbud. (2019). Tingkat Kesulitan Soal UN 2019 Tidak Berubah, Ini Komposisi Soalnya. Diakses pada 28 Februari 2023, dari website kemdikbud: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/tingkat-kesulitan-soal-un-2019- tidak-berubah-ini-komposisi-soalnya

Lerman, S. (2012). Articulating theories of mathematics learning. AUTHOR Ernest, Paul, Ed. TITLE Constructing Mathematical Knowledge: Epistemology and Mathematics Education. Studies in Mathematics Education Series: 4., 41.

Lewis, A., & Smith, D. (1993). Defining higher order thinking. Theory into practice, 32(3), 131-137.

Mathematics, N. C. (2015, July). Standar & Positions : NCTM Statements. Retrieved July 27, 2021, from NCTM Web site: https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Position-Statements/Strategic-Use-of-Technology-in-Teaching-and-Learning-Mathematics/

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Springer, Dordrecht.

Rasyid, A., Aden Arif Gaffar, & Utari, W. (2020). Efektivitas Aplikasi Mobile Learning Role Play Games (RPG) Maker MV untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Mangifera Edu, 4(2), 107-115. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.47

Sahal, M. A. (2021). Pengembangan game" MYTHICS. apk" untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Squire, K. (2003). Video games in education. Int. J. Intell. Games & Simulation, 2(1), 49-62.

Squire, K. D. (2008). Video games and education: Designing learning systems for an interactive age. Educational Technology, 17-26.

Swartout, W., & van Lent, M. (2003). Making a game of system design. Communications of the ACM, 46(7), 32-39.

Tavinor, G. (2005). Videogames and interactive fiction. Philosophy and Literature, 29(1), 24-40.

Tavinor, G. (2009). The art of videogames. John Wiley & Sons.

Van den Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N.

(Eds.). (2006). Educational design research. Routledge.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran.Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i2.19201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats