EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Riza Aprika Permatasari, Universitas Negeri Yogyakarta
Nila Mareta Murdiyani, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas pembelajaran discovery learning berbantu GeoGebra ditinjau dari pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dengan metode quasi-experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purworejo dengan 2 kelas sebagai sampel. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal pre-test, post-test dan angket motivasi belajar siswa yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah uji-t didukung dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran discovery learning berbantu GeoGebra efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. (2) pembelajaran dengan discovery learning berbantu GeoGebra efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. (3) pembelajaran discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. (4) pembelajaran discovery learning efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. (5) pembelajaran discovery learning berbantu GeoGebra lebih efektif ditinjau dari pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Harisuddin, M. I. (2019). Asiknya Belajar Matematika dengan GeoGebra. Deepublish.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education, 1–9.

Arifudin, M., Wilujeng, H., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning Pada Materi Trigonometri Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Sma. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 129. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp129-140

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 65–76.

M.Nur, I. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79–89.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 469–477.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mendrofa, R. N. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN MOTIVASI SISWA SMP NEGERI 7 ALASA. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK IKIP Gunungsitoli, 13, 2333–2339.

Sappaile, B. I., Djaman, N., Ba’ru, Y., Kadir, K., & Darwis, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 252. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.597

Septia, A., Caswita, & Gunowibowo, P. (2018). Received: December 4. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(2338–1183), 729–740.

Suprihady, D. (2016). Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Bidang. Makalah IF2123 Aljabar Geometri.

Suryana, M. F. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Bangun Segiempat Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Teras Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 47–61. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6544

Sutawidjaja, P. D. A., & Afgani, D. J. (2014). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. In The International Journal of Interdisciplinary Social Sciences: Annual Review (Vol. 4, Issue 9). https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v04i09/51542

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Togi, & Sagala, P. T. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Viii-3 Smp Negeri 1 Binjai. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 1–14. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8911

Yaumi, D. M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. PRENADAMEDIA.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i1.18144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia