THE EFFECT OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) ASSISTED GEOGEBRA

Yusuf Rahmat Setyawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariyadi Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi matematika siswa, mendeskripsikan pengaruh pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan literasi matematika siswa, dan mendeskripsikan pengaruh yang lebih baik dari dua pembelajaran yang diterapkan dengan melihat kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP N 1 Salam tahun ajaran 2021/2022 pada materi luas segitiga dan segi empat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa meningkat dari 19 menjadi 75,875. Pada kelas kontrol nilai rata-rata meningkat dari 18, 0625 menjadi 69,25. Diperoleh thitung yakni 2,9095 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,671. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: 1. Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra berpengaruh baik terhadap kemampuan literasi matematika siswa. 2 Pembelajaran eksposotori berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa. 3. Pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.

Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Geogebra, kemampuan literasi matematika.


References


Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/8446

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40. https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i2.12467

Mahmudi, A. (2010). Pemanfaatan Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. FMIPA, UNY.

Novalia, E., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Kreatif pada Pembelajaran Synectics Materi Bangun Ruang Kelas Viii. Unnes Journal of Widianti & Hidayati Education Research, 6(2), 225–232.

OECD, PISA. (2019). Assement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD publisher

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education. Vol 4, No. 1, p 89-100, 2011

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Stecey, K & Tuner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience. Australia: Springer.

Tarigan, D.(2008). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i1.18055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia