PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Nurul Faizah , Endang Listyani, M.S.,

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran segitiga dan segiempat berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontekstual berorientasi pada kemampuan koneksi matematis siswa untuk kelas VII SMP yang memenuhi kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Salam. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket penilaian siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan, 3) tes kemampuan koneksi matematis untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata penilaian RPP yaitu 4,66 dan skor rata-rata penilaian LKS yaitu 4,63. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata penilaian siswa yaitu 3,5 dan skor rata-rata penilaian guru yaitu 3,45. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari kemampuan koneksi matematis memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 77,42%.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, kontekstual, kemampuan koneksi matematis.

 

Abstract

This research aims to produce mathematics learning set triangle and square that includes Lesson Plan and Student Worksheet with contextual approach oriented on mathematical connection ability for students class VII Junior High School that fulfilling the qualification valid, practical, and effective. Procedure in developing learning set referrs to ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subject of this research were the students of class VII C in Salam 1 Junior High School. The instruments that is used to obtain data on the quality of learning set were: 1) validation sheets for measuring the validity of Lesson Plan and Student Worksheet, 2) questionnaire sheets for measuring the practicality, 3) test of mathematical connection for measuring the effectiveness. Quality of learning set validity fulfill the valid criteria shown by the average score of Lesson Plan is 4,66 and the average score of Student Worksheet is 4,63. Quality of learning set practicality fulfill the practical criteria shown by the average score of student responses is 3,5 and the average score of teacher responses is 3,45. Quality of learning set effectiveness in terms of mathematical connection fulfill the effective criteria shown by the percentage of students mastery of 77,42%.

 

Keyword: learning set, contextual, mathematical connection.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i5.11318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia