THE INFLUENCE OF CREATIVITY, THE UNDERSTANDING ON THE GERMAN CULTURE AND THE MASTERY OF THE VOCABULARY TO THE READING COMPREHENSION OF 12thGRADE STUDENTS OF THE SCIENCE PROGRAM OF SMA N 1 SEDAYU BANTUL
Wening Sahayu, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas terhadap pemahaman teks bahasa Jerman, (2) pengaruh pemahaman Landeskunde terhadap pemahaman teks bahasa Jerman, (3) pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman teks bahasa Jerman dan (4) pengaruh kreativitas, pemahaman Landeskunde dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap pemahaman teks bahasa Jerman peserta didik kelas XII MIPA SMA N 1 Sedayu Bantul. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA N 1 Sedayu Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 50 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Data dalam penleitian ini diperoleh dengan angket dan tes. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap pemahaman teks bahasa Jerman, yaitu thitung= 5,682 > ttabel= 2,009, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman Landeskunde terhadap pemahaman teks bahasa Jerman, yaitu thitung= 3,236 > ttabel= 2,009, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap pemahaman teks bahasa Jerman, yaitu thitung= 5,005 > ttabel= 2,009, (4) terdapat pengaruh antara kreativitas, pemahaman Landeskunde dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap pemahaman teks bahasa Jerman, yaitu fhitung= 24,286 > ftabel= 2,790.
References
Bischof, Monika. 1999. Landeskunde und Literaturdidaktik. Berlin: Langendscheidt. Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Ehlers, Swantje. 1992. Lesen als Verstehen. Kassel: Gesamthochschule Kassel. Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology. Sydney: Prentice Hill. Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan Educational Psychology. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
DOI: https://doi.org/10.21831/10.21831/TLv1i1
Refbacks
- There are currently no refbacks.