KOMPARASI METODE ESTIMASI KESALAHAN PENGUKURAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA SMA DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Sri Wahyuni, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Djemari Mardapi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui besarnya estimasi kesalahan baku pengukuran soal UAS Matematika SMA kelas XII IPA tahun ajaran 2014/2015 di Kabupaten Lampung Tengah, dan (2) mengetahui akurasi metode estimasi kesalahan baku pengukuran dari Metode Thorndike, Metode Compound Binomial, Metode Polynomial dan Metode Teori Respon Butir dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran soal UAS Matematika SMA kelas XII IPA tahun ajaran 2014/2015 di Kabupaten Lampung Tengah. Analisis data didasarkan pada respon siswa berupa lembar jawaban dari 876 siswa yang berasal dari 9 SMAN di Kabupaten Lampung Tengah. Metode estimasi kesalahan pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Thorndike, Metode Compound Binomial, Metode Polynomial, dan Metode Teori Respon Butir. Hasil analisis data diperoleh bahwa estimasi kesalahan pengukuran dengan menggunakan Metode Thorndike, Metode Compound Binomial, Metode Polynomial secara berurutan yaitu 2,6658, 0,9029, 3,9199. Estimasi kesalahan pengukuran dengan Metode Teori Respon Butir diperoleh rentang antara 0,2553 s/d 1,2029. Estimasi kesalahan terkecil yaitu pada θ = 0,9 dan estimasi kesalahan terbesar pada θ = -3. Akurasi metode estimasi kesalahan pengukuran berdasarkan Teori Tes Klasik secara berturut-turut adalah Metode Compound Binomial, Metode Thorndike, dan Metode Polynomial.

Keywords


estimasi; kesalahan pengukuran; perangkat tes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats