EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM 2013 DI SMA
Badrun Kartowagiran, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA N kota Yogyakarta yang menerapkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy. Penelitian dilaksanakan dari bulan April sampai Mei 2015 di SMA N 1, SMA N 2, SMA N 3 dan SMA N 8 Yogyakarta. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Sekolah SMA N di Kota Yogyakarta yang melaksanakan penilaian otentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang menerapkan Kurikulum 2013. Responden penelitian adalah 6 guru bahasa Indonesia kelas X dan 304 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, lembar telaah RPP, dokumen perangkat pembelajaran dan penilaian, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru SMA N 1, SMA N 2, SMA N 3 dan SMA N 8 telah melakukan penilaian otentik pada Kurikulum 2013 dengan sangat baik; (1) Pelaksanaan penilaian telah mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Guru menggunakan berbagai teknik dan perangkat penilaian yang sesuai dengan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Kualitas instrumen yang digunakan tergolong dalam kategori sangat baik; (2) Kedisiplinan guru dalam melakukan penilaian secara berkesinambungan tergolong dalam kategori sangat baik karena guru melakukan penilaian tidak hanya saat ulangan, tetapi juga pada saat proses pembelajaran berlangsung; (3) Kendala-kendala yang terdapat dalam pelaksanaan penilaian otentik di SMA N Kota Yogyakarta dikarenakan kurangnya pelatihan.
Keywords
penilaian; pembelajaran bahasa indonesia; kurikulum 2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2443-1958
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats