EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Abdullah Syifa, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Indonesia
Kumaidi Kumaidi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam pembelajaran. Mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran Biologi berbasis inquiry,(2) kemampuan guru dalam menggali potensi siswa dalam pembelajaran Biologi, (3) sejauhmana pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP untuk memperoleh informasi yang komperhensif pada pembelajaran Biologi di SMA N 3 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Biologi yang mengajar di SMAN 3 Yogyakarta dan siswa penjurusan IPA kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian evaluasi ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) kepala sekolah menyusun visi dan misi sekolah dengan melibatkan komponen sekolah, (2) guru mata pelajaran Biologi tidak begitu aktif dalam kegiatan MGMP dan penelitian tindakan kelas, (3) guru pelajaran Biologi kelas XI tidak memodifikasi KI dan KD, (4) prestasi yang diraih SMA N 3 Yogyakarta dalam bidang Biologi diantaranya pernah menjuarai berbagai karya tulis tingkat nasional maupun internasional, (5) SMA 3 Yogyakarta telah berupaya untuk melacak sejauh aktivitas maupun prestasi yang pernah diraih oleh alumni.

Keywords


evaluasi pembelajaran biologi; pembelajaran biologi berbasis inquiry; pembelajaran berbasis potensi siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats