PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN MOLLUSCA SEBAGAI BAHAN AJAR BAGI SISWA KELAS X SMA
Triatmanto Triatmanto,
Sukarni Hidayati,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Mollusca di daerah pasang-surut Pantai Sadranan, Drini dan Watu Kodok, Gunungkidul, DIY; proses dan produk hasil penelitian yang berpotensi sebagai bahan ajar dalam bentuk modul, dan kelayakan modul pengayaan keanekaragaman Mollusca. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) yang terbagi menjadi 2 tahap, yaitu penelitian keanekaragaman Mollusca dan pengemasan hasil penelitian sebagai bahan ajar dalam bentuk modul pengayaan. Pengembangan modul pengayaan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) yang dibatasi sampai tahap ADD (analysis, design, development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di daerah pasang-surut Pantai Sadranan, Drini dan Watu Kodok, Gunungkidul, DIY terdapat 20 jenis Mollusca dengan indeks keanekaragaman dalam kategori sedang. Hasil penelitian yang berupa proses dan produk penelitian berpotensi sebagai bahan ajar dalam bentuk modul. Kelayakan modul pengayaan keanekaragaman Mollusca menurut ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan menurut guru Biologi dan siswa termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci: Modul Pengayaan, Keanekaragaman, Mollusca
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i1.6144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |