PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MELATIH LITERASI DIGITAL DAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS X SMA PADA MATERI VIRUS DAN PERANANNYA

Nada Oktavia Putri, UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Hafidha Asni Akmalia, UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Dian Tauhidah, UIN Walisongo Semarang, Indonesia

Abstract


Keterampilan abad 21 melalui pendidikan holistik menjadi suatu hal penting yang tidak dapat diabaikan, terutama seiring dengan perkembangan era digital yang mengubah paradigma pembelajaran di mana kebutuhan akan keterampilan seperti literasi digital, pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi semakin mendesak serta tidak hanya mengandalkan pengetahuan tetapi keterampilan ikut berperan dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan, dan keterbacaan dari produk game edukasi berbasis aplikasi android untuk melatih literasi digital dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA pada materi virus dan peranannya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang mencakup tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan dibatasi pada Develop (Pengembangan). Hasil dari produk yang dikembangkan berupa game edukasi berbasis aplikasi android. Berdasarkan hasil uji validasi, diperoleh nilai kelayakan sebesar 77,03% dari ahli media, 89,5% dari ahli materi, 82,5% dari ahli literasi digital, 86,66% dari ahli argumentasi ilmiah, dan 87,93% dari respon guru Biologi. Uji keterbacaan dari respon siswa dengan uji skala kecil sebesar 83,46% dari hasil  uji skala kecil. Berdasarkan perolehan hasil uji dapat disimpulkan bahwa, media game edukasi berbasis aplikasi android untuk melatih literasi digital dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA pada materi virus dan peranannya dikategorikan sangat layak dan valid untuk digunakan.


Keywords


Argumentasi ilmiah, game edukasi, literasi digital, virus dan peranannya

Full Text:

PDF

References


Annissa, H. Z., & Wibowo, Y. (2022). Hubungan pengalaman belajar biologi materi virus terhadap kemampuan argumentasi siswa tentang vaksinasi covid-19. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 98–109. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18330

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. In Evaluasi Pembelajaran (Kedua). Remaja Rosdakarya.

Astutik, S. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 10 Palembang. Universitas Sriwijaya.

Budiana, H. R., Sjafirah, N. A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59–62. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v4i1.9042

Bakar, A. R., & Zaini, S. A. (2020). Penggunaan game edukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains.

Cam, E., & Kiyici, M. (2017). Perceptions of prospective teachers on digital literacy. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 5(4), 29–44.

Chen, M., & Wu, P. (2021). The effectiveness of educational games in enhancing scientific argumentation and literacy. Journal of Educational Technology & Society.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 125-129.

Faiqoh, N., Khasanah, N., Astuti, L. P., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. (2018). Profil keterampilan argumentasi siswa kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada materi keanekaragaman hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174–182. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10122

Fernandes, G. W. R., Rodrigues, A. M., & Ferreira, C. A. (2020). Professional Development and Use of Digital Technologies by Science Teachers: a Review of Theoretical Frameworks. Research in Sains Education, 50(2), 673–708.

Hikam, A. R. (2013). Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter pada Materi Pelestarian Lingkungan [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/18858/1/4401408072.pdf

Haryanto, G. A., & Suyantiningsih. (2022). The correlation between digital literacy and parents roles toward elementary school students critical thingking. Cypriot Journal Of Education Sciences. 17 (3). 828-839. doi:org/10.18844/cjes.v17i3.6890

Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.

Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 92–96. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkipepro/article/view/15143/7468

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(2), 94–102.

Misbah, Aji Pratama, W., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109–114. https://doi.org/10.24905/psej.v3i2.107

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

McNeill, K. L. (2011). Elementary student’s views of explanation, argumentation, and evidence, and their abilities to construct arguments over the school year. Journal of Research in Science Teaching. 48(7), 793-823. https://doi.org/10.1002/tea.20430

Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, Indrowati, M., & Sajidan. (2016). Profil keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada mata kuliah anatomi tumbuhan. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 29–33. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.3880

Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika., 4(8), 323–329. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005/1586

Rahayu, Y., Suhendar, & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan argumentasi siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Rahmatullah, A. S., & Diana, W. (2022). Positif negatif game online pada anak-anak dan tindakan pencegahannya. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 169–179. www.iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas%0APositif

Rohinah. (2015). Pengembangan aplikasi bahan ajar pendidikan agama islam berbasis android di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 79–94.

Rio, B. B., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android sebagai suplemen pembelajaran fisika SMA pada materi usaha dan energi. 5(4), 63–74.

Sena, K., & Sarah, Y. S. (2023). Meningkatkan literasi digital di Sekolah Menengah Atas: tantangan, strategi dan dampaknya pada keterampilan siswa. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(4), 712–718. https://doi.org/10.55123/insologi.v2i4.2321

Siregar, N., & Pakpahan, R. A. (2020). Kemampuan argumentasi IPA siswa melalui pembelajaran argumentasi driven inquiry. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 94–103. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.113

Sumarni, W. dan Solihat. (2017). Stimulating students argumentation using drawing-based modeling on the concept of ecosystem. International Journal of Science and Applied Science, 2(1), 98-104.

Skoumios M. (2009). The effect of sociocognitive conflict on student's dialogic argumentation about floating dan sinking. International Journal of Environmental & Science Education (IJESE) 4(4):381-399.

Siregar, N., & Pakpahan, R. A. (2020). Kemampuan argumentasi IPA siswa melalui pembelajaran argumentasi driven inquiry. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 94–103. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.113

Suhendi, T., & Suryani, E. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan literasi digital. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook (Vol. 14, Issue 1). ERIC (Education Resources Information Center). https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Trilling, B., & Fadel, C. (2012). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG (Role Playing Game) (Pertama). Penerbit LPPM UNNES.

Wiedarti, P., & Kisyani, L. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Yusuf, A. M., Hidayatullah, S., & Tauhidah, D. (2022). The relationship between digital and scientific literacy with biology cognitive learning outcomes of high school students. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.17509/aijbe.v5i1.43322




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.22479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.