PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS XI
Rizqa Devi Anazifa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adilla, T. (2017). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. [Tesis, tidak diterbitkan]. Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Agustini, A., Adnan, Arifin, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Sel Kelas XI SMA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 5(1), 7–19.
Alawiyah, T., Muttaqien, M., & Hadiansah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Imunitas. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 112–123.
Annida, S., Putra, A., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 155–167.
Anori, S., & Putra, A. (2013) Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Pilar of Physics Education, 1, 104–111.
Arishandi, G., Wibawa, & Yudiana, K. (2023). Flipbook: Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 165–174.
Damayanti, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komik pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Jetis. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitri, D., & Wahyu, L. (2023). Analisis Pemanfaatan Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi di Laboratorium SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 44–51.
Ghani, A. S. A., Rahim, A. F. A., Yusoff, M. S. B., & Hadie, S. N. H. (2021). Effective Learning Behavior in Problem-Based Learning: a Scoping Review. Medical Science Educator, 31(3), 1199–1211. https://doi.org/10.1007/s40670-021-01292-0
Gustinari, M., Lufri, & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 60–73.
Istiana, G. A., Catur, A. N. S., & Sukarddjo, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri I Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65–73.
Jan, H. (2017). Teacher of 21 st Century: Characteristics and Development. Research on Humanities and Social Sciences, 7(9), 50–54. www.iiste.org
Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148.
Karina, D., Yulita, I., & Ramdhani, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kimia (ULTAKIM) Berbasis Kemaritiman Pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Zarah, 7(1), 13–16.
Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022, tentang Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Nugraini, A., & Amelia, R. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Materi Bioteknologi Pada Siswa Kelas XII SMA. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, Universitas Negeri Semarang, XIII, 367–372.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171–187.
Prasetyana, S. D., Sajidan & Maridi. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning yang diintegrasikan dengan Group Investigation pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri Karangpandan. Jurnal Inkuiri, 4(4), 135–148.
Purwaningrum, W., & Leksono, I. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Daring. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 129–137.
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Alfabeta.
Riefani, M. K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” Di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya, 34(2), 193–204.
Sari, E. N., & Susilowibowo, J. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI Semester 2. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4469–4483.
Sudrajat, A. K., Ibrohim, & Susilo, H. (2024). Demographic factors affecting technological pedagogical content knowledge in Generation-Z preservice biology teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 13(6), 3796–3805. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i6.30355
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.
Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58.
Suyatna, E. (2022). Pengembangan Aplikasi Web Google Script Sebagai Instrumen Assesment. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 997–1016.
Umam, K. (2018). Pengaruh Media Picture Story terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 111–115.
Urwani, A., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis Dominasi Komunikasi Scientific pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 181–190.
Uside, O. N., Barcbok, K. H. & Abura, O. (2013). Effect of Discovery Method on Secondary School Student’s Achievment in Physics in Kenya. Asian Journal of Social Sciences and Humanities (AJSSH), 2(3),351–358.
Vančugovienė, V., Lehtinen, E., & Södervik, I. (2024). The impact of inquiry-based learning in a botanical garden on conceptual change in biology. International Journal of Science Education, May, 1–25. https://doi.org/10.1080/09500693.2024.2354542
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.22417
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |