PENGEMBANGAN BOOKLET CRUSTACEA DI PANTAI WOHKUDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 1 BANGUNTAPAN

Ngade Wantara, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Sulistiyawati Sulistiyawati, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Minimnya referensi pendukung dan media pembelajaran tentang tempat tinggal menyebabkan proses pembelajaran terfokus pada buku dan powerpoint/PPT saja, sehingga mengakibatkan pengetahuan siswa tentang tempat tinggal yang terdapat di sekitar wilayah sekolah terbatas. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk akhir dalam bentuk Booklet Crustacea sebagai media pembelajaran biologi. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada tahapan penelitian pengembangan 4-D (Define/definisi, Design/rancangan, Develop/pengembangan, Disseminate/penyeberluasan) oleh Thiagarajan yang dimodifikasi, yakni peneliti hanya melaksanakan sampai tahap pengembangan (develop). Penelitian pengembangan media booklet biologi ini bertujuan (1) mengembangkan booklet Crustacea di Pantai Wohkudu sebagai media pembelajaran biologi. (2) Mengetahui kualitas booklet Crustacea di Pantai Wohkudu sebagai media pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil uji validasi menurut ahli materi booklet termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase penilaian sebesar 95,29%, menurut ahli media booklet termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase penilaian sebesar 81,33%, menurut respon guru biologi booklet sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 81,9%, menurut respon siswa kelas X buklet sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 89,56%. Oleh karena itu, Booklet Crustacea di Pantai Wohkudu sangat layak digunakan sebagai Media Pembelajaran Biologi siswa kelas X di SMA N 1 Banguntapan.

Keywords


Booklet, Crustacea, Wohkudu Beach

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N. (2021). Diktat Media Pembelajaran Biologi. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

Anjarwati, S., & Wardany, K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS DI SMP AL-ISLAM WAY JEPARA. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(01), 39–48. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.49

Atiqoh, A. A., & Suhandoyo, S. (2022). Penyusunan Modul Elektronik Penyakit Sistem Pencernaan Pada Manusia Sebagai Bahan Pengayaan Bagi Siswa Kelas Xi. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18174

Budiaji, W. (2013). The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy

Desy, R. S. (2019). Desain Dan Uji Coba Booklet Terintegrasi Nilai-nilai Islam Berbasis Sets (Science, Environment,Technology, Society) Pada Materi Hidrokarbon.

Firmansyah, A. W., & Mulyani. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Education ( Education Zone) Berbasis Android Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, SekolahDasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, 11, 1263–1273.

García-Martín, J., & García-Sánchez, J. N. (2017). Pre-service teachers’ perceptions of the competence dimensions of digital literacy and of psychological and educational measures. Computers and Education, 107, 54–67. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.12.010

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran 2.

Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103286. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103286

Ibrohim, Sudrajat, A. K., & Saefi, M. (2021). Assessing Indonesian Teacher’s Perspective on the Implementation of Distance Learning due to COVID-19 Based on Online Survey. Journal of Turkish Science Education, 18, 46–59. https://doi.org/10.36681/tused.2021.71

Johan, R. J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(6), 372–378.

Kamil, P. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64–68. https://doi.org/10.34289/277901

Kholifah, N., Kurdi, M. S., Nurtanto, M., Mutohhari, F., Fawaid, M., & Subramaniam, T. S. (2023). The role of teacher self-efficacy on the instructional quality in 21st century: A study on vocational teachers, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(2), 998–1006. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.23949

McDiarmid, G. W., & Zhao, Y. (2022). Time to Rethink: Educating for a Technology-Transformed World. ECNU Review of Education, 6(2), 189–214. https://doi.org/10.1177/20965311221076493

Nurlaela. (2018). PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS POTENSI LOKAL BERDASARKAN ANALISIS KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN KEPITING Uca sp DI KAWASAN KONSERVASI MANGROVE DAN BEKANTAN KOTA TARAKAN. Universitas Borneo Tarakan.

Patmawati. (2018). PENGEMBANGAN BOOKLET BIOLOGI HEWAN INVERTEBRATA SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Putri, N. M. (2020). Pengembangan Booklet sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP di Smkn Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 925–931.

Retawidyaningrum, D. A., & Triatmanto, T. (2022). Penyusunan Ensiklopedia Elektronik Bryophyta Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran Sebagai Sumber Belajar Materi Plantae. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 57–68. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18175

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. In Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota; the Center for Innovation (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.21789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.