[Retracted] Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi

Asrinawati Asrinawati, Universitas Negeri Jakarta
Kayla Fatimah Zulfah, Universitas Negeri Jakarta
Selestina Rebacca Sihotang, Universitas Negeri Jakarta
Tafrijiyah Hasanah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Memilih model pembelajaran yang tepat memiliki dampak terhadap hasil belajar sehingga sangat penting bagi tenaga pengajar untuk menerapkan model pembelajaran sesuai dengan setiap materi pembelajaran. Model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk pelajaran biologi. Pembelajaran dengan model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa pada suatu kesimpulan dengan mendalami konsep, arti, dan hubungan dalam suatu materi. Adapun penelitian ini ditujukan untuk menguji tingkat efektivitas penggunaan model discovery learning pada pelajaran biologi dengan melihat hasil belajar setelah diterapkannya model tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur yang merupakan bagian dari pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil studi literatur diketahui bahwa penggunaan model Discovery Learning dengan atau tidak disertai penunjang media pembelajaran lainnya, dalam pembelajaran siswa mempunyai efektivitas yang baik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Biologi. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi setelah menggunakan paradigma Discovery Learning. Sehingga dari hasil temuan studi literatur dapat disimpulkan dengan adanya penggunaan model Discovery Learning untuk pembelajaran Biologi, dapat berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Keywords


Learning Model, Discovery Learning Model, Student Learning Outcomes, Biology Learning, and Learners

Full Text:

PDF

References


Abdjul, Dian. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 345-346.

Ali, M. M., & Sukanto, S. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 44-51.

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28.

Asad, S.H., Azis, A.A., Nur, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 487-489.

Astiti, N.K.A., Kristiantari, M.G.R., Saputra, K.A. (2021) Efektivitas Discovery Learning Model dengan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409-412.

Astuti, T.I., Idrus, I., Yennita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.

Efendi, F.N., Warsono., Cahyadin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Akitivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 79-80.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018, November). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1).

Gulo, Adenirwati. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 310.

Ibrohim, Sudrajat, A. K., & Saefi, M. (2021). Assessing Indonesian Teacher’s Perspective on the Implementation of Distance Learning due to COVID-19 Based on Online Survey. Journal of Turkish Science Education, 18, 46–59. https://doi.org/10.36681/tused.2021.71

Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP LITERASI KESEHATAN SISWA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112–127.

Mahardita, V. R., & Pratama, A. T. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTU CONCEPT MAPPING MATERI SISTEM EKSKRESI. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 136–152.

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnografi Indonesia. Vol 1, (2), 27 – 36.

Nur’aini, U.A., Darusyamsu, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya,17(1), 68-69.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pranoto, Edi. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Blog Pembelajaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Mutasi Pada Kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Pati. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 2(4), 370-374.

Putrisari, D., & Subiantoro, A. W. (2022). PENGEMBANGAN VLAB UJI ZAT MAKANAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 69–79.

Rasyid, M. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-ATLAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 128–135.

Saefi, M., Suwono, H., & Susilo, H. (2017). Studi Komparatif Tiga Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 637–645. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Shetgar, M. P. S., & Thalange, M. A. V. (2018). Crossword puzzle: An active learning strategy. IJRAR-International Journal of Research and Analytical Reviews, 5(2), 1317-1322.

Siregar, H.H., Adlini, M.N. (2022). Discovery Learning Bebantuan Media Pembelajaran Audio Visual: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 8(2), 287-290.

Sudrajat, A. K., Sari, D. A. W., & Anggrella, D. P. (2023). Hubungan antara Faktor Eksternal dan Internal selama Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Menengah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 121. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17089

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90-103.

Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94-100.

Susilo, H., & Sudrajat, A. K. (2020). STEM Learning and its Barrier in Schools: The Case of Biology Teachers in Malang City. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012042

Wahdaniyyah., Adnan., Sulaeman. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMAN 7 Maros Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Berbasis Permainan Teka-Teki Silang. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 640-645.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.