PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MIPA DI SMAN UMBULSARI JEMBER

Ayu Wulandari, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Heni Setyawati, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

Abstract


Keterlibatan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran belum menunjukkan keaktifan siswa. Siswa cenderung kurang antusias dan proaktif dalam mengikuti pembelajaran. Inovasi yang dapat dilakukan agar siswa tertarik dan aktif dalam pembelajaran adalah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui minat belajar siswa kelas eksperimen setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent Group Control Pretest Posttest Design. Pada design ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberi pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Z. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Minat belajar siswa kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 53,21 saat pretest dan 57,74 saat posttest, nilai tersebut lebih tinggi daripada kelas kontrol yang mempunyai nilai rata-rata sebesar 52,91 saat pretest dan 53,44 saat posttest. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai signifikansi 0,000. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa.


Keywords


Model Inkuiri Terbimbing, Video Animasi, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Anugrah, Nur Irawan dan Deden. (2020) “Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6”, Kompetensi Universitas Balikpapan 15, (1), 49-51, https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.62

Badyani. (2022). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (PIT) pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kebumen. Jurnal Inovasi Pengembangan Islam 7, (1), 23-24

Diniyyah, M., Susilo, H., Balqis, B., & Sudrajat, A. K. (2022). Improving critical thinking and problem- solving skills through POGIL combined with digital mind map. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 8(3), 275–286.

Friantini, Rizki Nurhana dan Winata, Rahmat. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 4, (1), 6-11.

Imtinan, A. N. V., Diniyyah, M., Sudrajat, A. K., Susilo, H., & Balqis. (2023). Application of digital mindmap through the process-oriented guided inquiry learning (POGIL) model to improve high school students’ collaboration skills and biology concepts understandings during the online learning period. AIP Conference Proceedings, 2614(1), 20018. https://doi.org/10.1063/5.0126995

Karlina, Eko Susilowati, dan Sarah Mariam. (2019) Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 3, (2) 48-55

Lorensi, Yosella. (2022) “Pengaruh Pendekatan Sains, Enviromental, Tekhnologi And Society (SETS) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik dan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMA Negeri 11 Bandar Lampung.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nazmi, Muhammad, (2017). Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Peajaran Geografi Di SMA PGII 2 Bandung, Jurnal Pendidikan Geografi 17, (1), 49-51

Nisa, Khairun. (2021) “Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Al-Ittihad Aek Nabara Kab. Labuhan Batu”, (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Novita, Lina, Entis Sutisna, dan Khansa Rohadatul’Aisy Rabbani. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Lingkungan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 4, (3), 293-302.

Pertiwi, L. M., Paidi, & Sartika, I. (2017). Pemanfaatan Hasil Penelitian Dalam Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inkuiri Materi Kultur Jaringan. Jurnal Edukasi Biologi, 6(6), 332–340.

Rahmayanti, Laily dan Farida istianah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se Gugus Sukodono Sidoarjo. JPGSD 06, (04), 430

Reski, Niko. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian 1, (11), 27 https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.496

Setiawan, Angga, Wahyu Nugroho, dan Dessy Widyaningtyas. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar 2, (2), 92-109.

Sudrajat, A. K., Sari, D. A. W., & Anggrella, D. P. (2023). Hubungan antara Faktor Eksternal dan Internal selama Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Menengah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 121. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17089

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. (2013) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 136

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka

Trianto. (2014) Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.