PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS 11 Madrasah Aliyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Balqis Putri Wardana Purba, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Billah Afrianti, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Fany Erlangga Saragih, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Mutiara Nabilla Nabilla, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Miza Nina Adlini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Rifda Rifda, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi dengan materi sistem pernapasan Kelas XI MAL (Madrasah Aliyah Laboratorium ) .Penelitian ini dilakukan pada hari Sabtu ,20 Mei 2023.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media videopembelajaran pada mata pelajaran biologi dengan materi sistem pernapasan dan untuk mengetahui validasi media video pembelajaran pada materi sistem pernapasan menurut ahli media ,ahli materi dan guru biologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara .Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli,lembar penilaian guru dan angket untuk siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil validasi ahli media sebesar 89% atau layak digunakan dan hasil validasi ahli pemateri 84,25% atau sangat layak digunakan .dan hasil penilaian oleh guru menunjukkan media pembelajaran ini sangatlayak sebagai media pembelajaran biologi .Siswa juga memberikan respon sangat baik terhadap media video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi dengan materi pernapasan,dan setelah menerapkan media ini hasil belajar siswa meningkat dan semangat belajarnya juga meningkat dan siswa lebih mudah memahami materiyang telah diajarkan.

Keywords


Media Pembelajaran,Video ,Sistem pernapasan

Full Text:

PDF

References


Antonio, R. P. (2020). Developing students’ reflective thinking skills in a metacognitive and argument-driven learning environment. International Journal of Research in Education and Science, 6(3), 467–483. https://doi.org/10.46328/ijres.v1i1.1096

Arikunto, Suharsimi. (2013). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Atiqoh, A. A., & Suhandoyo, S. (2022). PENYUSUNAN MODUL ELEKTRONIK PENYAKIT SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN BAGI SISWA KELAS XI. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18174

Çimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students’ Views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61–71. https://doi.org/10.5897/ERR11.205

Herwati, “Pengembangan Media Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi,” Jurnal Lentera PendidikanLPPM UM Metro 1, no. 1 (2016): 32

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Diakses pada 5 Juni 2023 Pukul 20.30 WIB melalui https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news surat-edaran-nomor-4-tahun- 2020-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19.

Kiswanto, H. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komuter pada Materi Dimensi Tiga. MATHEdunesa,1 (1).

Prihatiningtyas, A. S., & Triatmanto, T. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Uji Urin Indikasi Kelainan pada Sistem Ekskresi Kelas XI SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 15–21. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18560

Primadi, M. R., Sarwanto, & Suparmi. (2018). Pengembangan Modul Fisika Sma/Ma Kelas X Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 93. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19794

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(3), 39–51.

Sejati, W. S., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP dengan Metode Demonstrasi. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(2), 37–48.

Selvianus S., Putu Riastanti, & Manik Widayanti. (2013). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar. E-Journal: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susilo, H., Kristiani, N., & Sudrajat., A. K. (2020). Development of 21st century skills at the senior high school: Teachers’ perspective. AIP Conference Proceedings.

Susilo, H., Sudrajat, A. K., & Rohman, F. (2021). The importance of developing creativity and communication skills for teacher: Prospective teacher students perspective. AIP Conference Proceedings.

Yunita, Dwi.,Astuti Wijayanti. 2017. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa”. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol.3. No.2.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.