PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI
Anna Rakhmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan kepraktisan LKPD berbasis project based learning (PjBl) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi bioteknologi siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 1 guru pengampu biologi, dan 7 orang perwakilan kelompok siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitif. Hasil penelitian berupa: 1) dihasilkan LKPD berbasis project based learning materi bioteknologi dengan dilakukan 3 tahapan yaitu Analysis, Design, Development; 2). Penilaian dari ahli materi diperoleh skor 49 kategori “sangat layak”. Penilaian dari ahli media diperoleh skor 59 kategori “layak”. Penilaian dari guru biologi diperoleh skor 64 kategori “praktis”. Penilaian oleh 7 siswa diperoleh skor 65,14 kategori “sangat praktis”. Berdasarkan data yang didapatkan, maka LKPD project based learning pada materi bioteknologi layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi bioteknologi kelas X.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas Xi Sma Islam Al-Qodir Menggunakan Model TPS. Simki-Techsain, Vol. 02 No. 01 Tahun 2018 (Vol. 02 No. 01 Tahun 2018). http://simki.unpkediri.ac.id/detail/14.1.01.06.0009.
Akker, J.V.D. (1999). Principles and Methods of Development Research. Dortrech: Kluwer Academic Publisher.
Anggiasari, T., Hidayat, S., & Harfian, B. A. A. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 183–195.
Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Azwar, S. (2007). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiono, E., & Susanto, H. (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 79–87.
Celikler, D., & Aksan, Z. (2012). The Effect Of The Use of Worksheets About Aqueous Solution Reactions on Pre-Servi Ce Elementary Science Teachers ’Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4611–4614. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.306.
Das Salirawati. (2004). Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Diakses darihttp://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/das-salirawati-msidr/19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf pada tanggal 12 Juni 2023, Pukul 10.00 WIB.
Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004.
Harfian, B. A. A. (2015). Kesiapan Guru Biologi dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional di SMA Negeri se-Kota Sleman.
Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
Meilinawati. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Smk Muhammadiyah 1 Prambanan.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurmahudina, S., Distrik, I. W., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Exclusive pada Pembelajaran Alat Optik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2). Retrieved from https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/347.
Oktricia, H., Yani, A. P., & Ansori, I. (2016). Pengaruh penerapan LKPD indentifikasi jenis-jenis bambu terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMP Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2). https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.166-173.
Pelupessy, N. F., & Kuswanti, N. (2021). Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Edmodo Dengan Pendekatan Saintifik Sub Materi Jaringan Epitel dan Otot Kelas XI SMA. Bio Edu, 435-448.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.
Rahayu, S., Euis, E. P., & Bella, A. S. 2019. “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(2):132–43.
Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6 (2), 95–108. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441.
Relia, L. (2016). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 97-103.
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.19644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |