PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL SISWA

Reynaldi Desta Prammudya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Agung Wijaya Subiantoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banyuasin III dan (2)  mengathui gambaran tingkat kemandirian belajar serta (3) mengetahui gambaran komptensi literasi digital siswa dalam pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19.  Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasi penelitian yaitu peserta didik SMA Negeri 12 Banyuasin III dengan sampel penelitian yaitu  peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Banyuasin III berjumlah 83 peserta didik yang diperoleh melalui teknik pusrposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara dan soal tes literasi digital. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran selama pandemi di SMA Negeri 12 Banyuasin III dilakukan dengan bantuan aplikasi pembelajaran Google Classroom, Google meet/Zoom Meeting, Quizizz, Youtube. (2) gambaran tingkat kemandirian belajar siswa Selama pembelajaran daring, menunjukan Siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang kuat. Berdasarkan dari hasil analisis persentase setiap indikator kemandirian belajar siswa, rata-rata persentase keseluruhan indikator sebesar 78,2 %. (3) komptensi literasi digital Siswa berdasarkan hasil analisis angket, persentase setiap indikator literasi digital siswa sebesar 71,5 %. Hasil uji tes soal literasi digital sebesar 76 %. Hal ini menunjukkan bahwa indikator literasi digital siswa berada pada kategori tinggi.

Keywords


Kemandirian belajar; Literasi digital; Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Abu, A., & Nur., U. (2006). Ilmu Pendidikan Cetakan ke II. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Brookfield, S. D. (2000). Understanding and Facilitating Adult Learning. San fransisco: Josey-bass Publiser.

Bawden, D. (2001). Information and digital literacy: a review of concepts. Journal of Documentation.

Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA di Sekolah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 2(1)106-123.

Creswell, John W, (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah., Syaiful, B., & Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi & Farida. (2012). Pengaruh minat, kemandirian, dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas vii smp negeri 5 ungaran. Jurnal Dinamika Pendidikan. Universitas Negeri semarang. Vol.7 No 1.

Irhandayaningsih. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal kajian budaya, perpustakaan dan informasi. Vol 4 No 2. Universitas Diponegoro.

Jamaluddin, D., dkk. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati, 1-8.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak jauh di masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. Volume 1, No. 2 Edisi Juni 2020.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.