HUBUNGAN REPRESENTASI SCIENTIFIC ILLUSTRATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI MATERI SISTEM GERAK

Zahra Aptari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Agung Wijaya Subiantoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hubungan representasi scientific illustration siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan sistem gerak dan 2) Mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran dengan scientific illustration. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan desain penelitian kausal komparatif dan survei dengan data yang disajikan dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan kognitif diuji dengan dua jenis scientific illustration kepada kelas yang berbeda bedasarkan pembelajaran pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada materi sistem gerak dengan media pembelajaran berbasis scientific illustration. Uji pengetahuan diujikan secara luring dengan menggunakan metode paper-based test. Uji persepsi diujikan melalui daring denggan menggunakan google form. Analisis data pengetahuan menggunakan Uji T dengan aplikasi SPSS dan analisis persepsi dengan perhitungan persentase menggunakan aplikasi Ms. Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan menggunakan scientific illustration menimbulkan persepsi yang sangat positif pada aspek gaya belajar, proses pengolahan pengetahuan dan ilustrasi dan persepsi positif pada aspek sumber belajar pada pembelajaran materi Sistem Gerak. 2) Penggunaan scientific illustration yang diujikan dengan dua jenis ilustrasi yang berbeda terdapat perbedaan kemampuan kognitif pada diri siswa sebagai pengaruh penggunaan scientific illustration yang berbeda pada pembelajaran biologi materi sistem gerak.

Kata Kunci: representasi, kognitif, persepsi, scientific illustration, sistem gerak.


Keywords


representation; cognitive; perception; scientific illustration; movement system

References


Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for learning, taching and asesing: a revsion of boom's txonomy of edcational ojectives. New York: David McKay.

Anwar, D. R. (2020). Translation of mathematical representation: characteristics of verbal representation unpacking . Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol 14. No. 2 , 162-167.

Carin, A. (1997). Teching modern science (7th Edition). New Jersey: Merril Publishing Company.

Cornett, C. E. (2013). Creating meaning trough literature and the arts (Second Edition). New Jersey: Pearson Education.

Cresswell, J. (2014). Research design qualitative, quantitative and mixed method approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, VOL. XII NO. 1, 149-162.

Fleming N., B. D. (2006). Learning Styles Again:VARKing up the right tree. Educational Developments (hal. 4-7). SEDA Ltd.

Gilbert, J. K. (2008). Visualization: an emergent field of practice and enquiry in science education. Dalam M. R. John K. Gilbert, Visualization: theory and practice in science education (hal. 3-24). United States: Springer Science+ Business Media B. V.

Gilbert, J. K. (2010). The role of visual representations in the learning and teaching of science: An Introduction. Asian Pasific Forum on Scienc Learning and Teaching. Volume 11, Issues 1.

Mason, N. H. (2007). Visual representation: implications for decision making. Journal of Marketing, American Marketing Association, Vol 71, 160-177.

Mollica, P. (2018). Special subject basic color theory an introduction to color for beginning artist. United States: Wlter Foster Publishing.

Munir. (2015). Multimedia: konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nurcahyo, I. N. (2017). Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2)., 137-149.

Ormrod, J. E. (2017). Educational psychology developing learners (Ninth Edition). England: Pearson Education Limited.

Perili, K. (2019, Februari 6). Scientific illustration: what is it? Diambil kembali dari The Fanklin Institute: https://www.fi.edu/blog/scientific-illustration-what-is-it

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. JPM IAIN Antasari Vol. 01 No.2, 33-34.

Soames, N. P. (2012). Anatomy and human movement structure and function. Amsterdam: Elsevier.

Stokes, S. (2002). Visual literacy in teaching and learning : A literature perspective. Electronic Journal for the Integration of Technology in Education, vol. 1, no. 1, 10-19.

Sudijono, A. (2015). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjiono, A. (2007). Pengantar evaluasi pendidikan. jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Sugihartono, d. (2013). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Utami, R. K. (2020). Visual representations analysis of senior high school biology textbooks about plants "structure and function". International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (hal. 123-128). 2020: Atlantis Press.

Winkel, W. S. (2015). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusoff, Z. e. (2013). Visual representation : enhanching student's learning engagement through knowledge visualization. 2013 International Conference on Informatics and Creative Multimedia (hal. 242-247). Malaysia: Conference Publishing Services.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.18257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.