PENYUSUNAN ENSIKLOPEDIA ELEKTRONIK BRYOPHYTA KAWASAN GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PLANTAE

Desy Ayu Retawidyaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Triatmanto Triatmanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis tumbuhan lumut di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran; 2) mengetahui hasil review ahli materi, ahli media, praktisi dan uji keterbacaan ensiklopedia elektronik Bryophyta di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai sumber belajar materi Plantae untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari penelitian biologi dan pendidikan biologi. Penelitian Biologi menggunakan jenis penelitian deskriptif engan metode eksplorasi. Penelitian pendidikan biologi menggunakan jenis penelitian RnD dengan metode 4D, penelitian dibatasi sampai tahap Develop. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 23 spesies tumbuhan lumut di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Hasil review oleh ahli materi, ahli media dan praktisi serta uji keterbacaan dari tanggapan peserta didik terhadap Ensiklopedia Elektronik tumbuhan lumut menunjukkan bahwa prototipe Ensiklopedia Elektronik Tumbuhan Lumut di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafisan, kemandirian dan kebahasaaan telah memenuhi kriteria penilaian yang selanjutnya dapat dilanjutkan untuk uji pada tahap desiminasi.

Keywords


bryophyta, ensiklopedia elektronik, nglanggeran, sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Campbell, N.A., Reece, J.B., & Mitchell, L.G. (2003). Biologi. Jilid 2 Edisi Kelima. Alih Bahasa: Wasmen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33-42.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga Balai Pustaka. Jakarta.

Fitriasih, R., Ansori, I., & Kasrina. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108.

Hasmiati, Adnan & Hiola F. (2018). Potensi Keragaman Bryophyta di Kabupaten Enrekang Sebagai Sumber Belajar di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 257-262.

Ikhsan Andi, Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–11. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/187661/pemanfaatan-lingkungan-sekolah-sebagai-sumber-belajar-di-sd-negeri-2-teunom-aceh.

Kusumo, H., Bagus, T., Frendi, Yogi, & Ilham. (2015). Inventarisasi Arthropoda Tanah Gunung Api Purba Nglanggeran. BioWallancea Jurnal Ilmiah Ilmu Biologi, 1(1), 29–32.

Lukitasari, M. (2018). Mengenal Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Deskripsi, Klasifikasi, Potensi dan Cara Mempelajarinya (Cetakan Ke; E. Riyanto, ed.). Magetan: CV. Ae Medika Grafika.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.

Moro, H. K. E. (2016). Inventarisasi Tanaman Introduce di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DIY. Prosiding Seminar Biodiversitas, (August), 1–21. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/306099537_INVENTARISASI_TANAMAN_INTRODUCE_DI_GUNUNG_API_PURBA_NGLANGGERAN.

Nur, F. M. (2012). Hidup dan Proses. Jesbio, 1(1), 14–20.

Permendikbud. (2014). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 59 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH. 1–3910. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014.pdf

Pratiwi, R. D. (2014). PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BANGUN DATAR SISWA KELAS V MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU TULUNGANGUNG. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rahayu, Komang Novita S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Renita, A. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797.

Smaldino,Sharon E.,Lowther D.L.,Russell J.D. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subali, B. (2019). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Edisi Ketiga. Yogyakarta: UNY Press.

Suryaman, M. (2006). Dimensi-Dimensi Kontekstual di Dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Diksi, 13(2), 165–178. https://doi.org/10.21831/diksi.v13i2.6456.

Untari, F. S. (2016). Keanekaragaman Capung Sungai Oyo Sebagai Sumber Belajar Biologi untuk Siswa Kelas X SMA/MA”. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.