PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN TANAMAN OBAT DI HUTAN WADUK SEMPOR UNTUK SMA/MA KELAS X MATERI PLANTAE

Vyna Himayatul Fauziyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yuni Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengetahui jenis-jenis tanaman obat  yang terdapat di Hutan Waduk Sempor Kebumen, (2) Mengetahui kevalidan dan keparaktisan modul pengayaan tanaman obat berbasis potensi lokal di Hutan Waduk Sempor Kebumen untuk siswa SMA/MA kelas X pada materi Plantae. Tanaman obat di Hutan Waduk Sempor diperoleh melalui metode eksplorasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap Development. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, ditemukan 27 jenis tanaman obat khususnya Divisi Spermatophyta di Bukit Kedoya dan Taman Pokdarwis. Hasil review produk oleh ahli materi, ahli media, serta uji keterbacaan oleh guru biologi, dan respon peserta didik yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafisan, bahasa dan penggunaan menunjukkan bahwa modul pengayaan tanaman obat dapat untuk dilanjutkan pada tahap implementation dan evaluation.


Keywords


hutan waduk sempor, modul pengayaan, tanaman obat

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djohar. (1987). Peningkatan Proses Belajar Sains Melalui Pemanfaatan Sumber Belajar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Hatimah, I. (2006). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Mimbar Pendidikan, 1(25), 39-45.

Ikhsan, K.N., dan Hadi, S. (2018). Impelentasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah EDUKASI, 6(1), 193-202.

Marinda L. 2020 Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal kajian perempuan & Keislaman, 13(1), 116-152.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Subali, B. (2012). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjoko. 2001. Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Tania L., dan Susilowibowo J. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
             

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.