PROFIL BAHAN AJAR BIOLOGI SMA KELAS X DARI PERSPEKTIF LITERASI SAINS

Indah Karunia Sari, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Meilinda Meilinda, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Yenny Anwar, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi sains pada bahan ajar Biologi SMA yang digunakan guru di kelas X di Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara analisis isi yaitu menghimpun dan menganalisis bahan ajar Biologi SMA Kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah semua bahan ajar Biologi SMA Kelas X yang digunakan di Kecamatan Ilir Barat I Palembang dengan sampel penelitian yaitu materi perubahan lingkungan pada bahan ajar biologi SMA Kelas X. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bahan ajar biologi berbentuk buku dan modul yang digunakan guru di kelas X di 13 sekolah menengah atas yang ada di Kecamatan Ilir Barat I Palembang, baik itu negeri maupun swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan di 13 sekolah menengah atas di kecamatan Ilir Barat 1 Palembang sudah mewakili kategori literasi sains dengan persentase kemunculan rata-rata 34,24 % untuk kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, 45,35% untuk kategori literasi sains sebagai cara menyelidiki, 9,75% untuk kategori literasi sains sebagai cara berpikir, dan 10,86% untuk kategori interaksi sains, teknologi, dengan masyarakat. Dari penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang tingkat literasi sains peserta didik sekolah menengah di Kecamatan Ilir Barat I Palembang yang belajar dengan buku-buku yang telah dianalisis.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, D., & Pursitasari, I. D. (2017). Do Middle School Science TextBook Enclose an Entity of Science Literacy ? 1 (1), 24-27.

Ginting, V.E & Suriani, C. (2018). Analisis Tingkat Literasi Sains Buku Teks Biologi Kelas XI Pada Materi Sistem Saraf di SMA Se-Kecamatan Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1): 007 – 012.

Kurnia, F. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika , 1-5 Vol. 1 No. 1.

Lasminawati, E. (2019). Analisis Cakupan Literasi Sains Dalam Buku Pelajaran Biologi Pegangan Siswa Kelas XI Kurikulum 2013. Jurnal Pijar MIPA , 1-12.

Leonard, W. H., & Penick, J. E. (1993). What’s Important in Selecting a Biology Textbooks? Journal of The American Biology Teacher , 55(1): 14-19.

Murradiyah, N., & Rusilowati, A. (2015). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Unnes Physic Education Journal , 16-20.

OECD. (2016). PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, and Financial Literacy. Paris: PISA OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretations. Paris: PISA OECD Publishing.

Sandi, M. I. (2013). Analisis Buku Ajar Fisika Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 1-5.

Sandi, M. I., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Komponen Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (pp. 94-102). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.16935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.