PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA
Yuni Wibowo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis flash dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian dilakukan sampai tahap Development. Subjek penelitian terdiri dari 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, 1 guru Biologi, dan 25 peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kualitas media dan angket tanggapan peserta didik. Hasil penilaian angket dianalisis dengan statistika deskriptif kuantitatif. Data hasil analisis deskriptif disajikan dengan persentase dari modus penilaian untuk mendeskripsikan kualitas media dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mencapai 95,84% dengan kategori benar, penilaian ahli media mencapai 71,42% dengan kategori baik, dan penilaian guru Biologi mencapai 79,31% dengan kategori baik, sehingga media layak digunakan. Hasil tanggapan peserta didik menunjukkan respon positif sebesar 96%, sehingga media pembelajaran interaktif berbasis flash materi sistem ekskresi menarik dan mudah digunakan.
Kata kunci: flash, media pembelajaran interaktif, sistem ekskresi, pengembangan
Kata kunci: flash, media pembelajaran interaktif, sistem ekskresi, pengembangan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i4.13723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |