PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA SISWA SD DI UPT YOGYAKARTA UTARA DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN ANAK
Bambang Subali, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA siswa Sekolah Dasar di UPT Yogyakarta Utara ditinjau dari urutan kelahiran anak serta kaitannya dengan jenis kelamin dan cita-cita. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian merupakan populasi hipotetik yang terdiri dari murid kelas I-VI SD yang berada di UPT Yogyakarta Utara baik yang pernah ada, sekarang ada dan yang akan ada di tahun-tahun mendatang yang memiliki karakter seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah siswa yang mengerjakan soal tes bentuk 2 pilihan tipe I-III. Instrumen penelitian berupa angket dan tes penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA SD. Instrumen tes valid berdasarkan Rasch model dan reliabilitas sebesar 0,72. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA siswa SD di UPT Yogyakarta Utara tergolong tinggi. Hasil penelitian me nunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA antara anak ke 1 dan bukan ke 1. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA antara anak ke 1 dan bukan ke 1 pada jenis kelamin dan cita-cita yang sama.
Kata kunci: sekolah dasar, penguasaan metode ilmiah, urutan kelahiran anak
Kata kunci: sekolah dasar, penguasaan metode ilmiah, urutan kelahiran anak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i1.13702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |