PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI KADANDIYU PADA ATRAKSI BUDAYA IRAW TENGKAYU DI KOTA TARAKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Rizal Amrullah, Ni Nyoman Seriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif penciptaan tari Kadandiyu pada atraksi budaya Iraw Tengkayu di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan selama dua bulan dari 1 Juni sampai dengan 31 Juli 2017, objek penelitian adalah tari Kadandiyu yang dipentaskan pada saat acara Iraw Tengkayu di kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Subjek penelitian terdiri dari : 1) Koreografer, 2) Pemusik, 3) Penari. Penelitian ini difokuskan pada proses kreatif penciptaan tari kadandiyu. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah a) Triangulasi Sumber dan b) Triangulasi Teknik.

Dari pembahasan yang telah dilakukan maka penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: Proses kreatif penciptaan tari Kadandiyu yang dilakukan oleh koreografer terdiri dari beberapa langkah yaitu meliputi tahap 1) eksplorasi pada bagian ini koreografer melakukan pemahaman mengenai cerita legenda dayang dadari, kemudian melakukan perenungan tentang penggambaran karya tari yang akan diciptakan, 2) improvisasi, pada tahap ini koreografer melakukan pencarian gerak dengan gaya melayu suku Tidung (ulun pagun) dan memasukkan ragam gerak tari Sarung Kuku dan Tungal Lingkuda, 3) evaluasi, pada tahap ini koreografer menyeleksi gerak yang telah ditemukan dari tahap improvisasi kemudian mencocokan dengan tempo musik, 4) komposisi, pada tahap terakhir koreografer merangkai seluruh gerakan menjadi sebuah tarian yang telah di seleksi pada tahap evaluasi. Bentuk penyajian tari Kadandiyu yang meliputi tahap 1) bagian I sebagai pembuka tarian, 2) bagian II sebagai isi tarian, 3) bagian III sebagai penutup tarian.

Kata Kunci : Proses kreatif penciptaan tari Kadandiyu, Iraw Tengkayu. Tarakan


Full Text:

PDF

References


Campbell, David (Disadur A.M Mangunhardjana), 1986. Mengembangkan Kreativitas. Yogyakarta: Kanisius

Datu Norbeck, 2015 Budaya Lokal Kota Tarakan.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3, Jakarta : Balai Pustaka.

Hadi, Sumandiyo. 2011. Koreografi (Bentuk-Teknik-Isi). Yogyakarta: Cipta Media.

Harymawan, R.M. 1988. Dramaturgi. Bandung: CV Rosdakarya

Hawkins, Alma W (terjemahan Sumandiyo Hadi). 1990. Mencipta Lewat Tari (creating through dance). Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Hidajat, Robby. 2011. Koreografi & Kreativitas Tari. (Pengetahuan dan Petunjuk Praktikum Koreografi). Yogyakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedarsono. 1977. Tari-tarian Indonesia I, Jakarta : Proyek Pengembangan Media Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan : Depdikbud.

_______. 1986. Komposisi Tari, Elemen-Elemen Dasar. Yogyakarta: Lagaligo

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Utami, Munandar. 2014 Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.