PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK TULIS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP N 5 SLEMAN

Kholif Luqman Maulana,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep media pembelajaran batik tulis berbasis  Android, dan
mengembangkan media pembelajaran batik tulis berbasis Android untuk siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman serta
mengetahui kelayakan media pembelajaran batik tulis berbasis  Android  berdasarkan penilaian ahli materi, ahli
media, praktisi pembelajaran Seni Budaya dan pendapat dari siswa.  Penelitian ini merupakan  penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall
yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji
Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi
pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 5 Sleman. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa
Kelas VIII B SMP N 5 Sleman.  Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis  Android  bernama “Batikzania”
didalamnya terdapat  fitur materi  ,  fitur membatik  ,  fitur   permainan, serta  fitur evaluasi. Aplikasi tersebut dibuat
dengan  software Adobe Flash Professional CS  6, kemudian tingkat kelayakan media pembelajaran batik tulis
berbasis  Android  sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, mendapat nilai 94,44%,
sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 90,21%, sehingga termasuk
kategori “sangat layak”, dan dari praktisi  pembelajaran seni budaya mendapat nilai 91,94%, sehingga termasuk
kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan
respon positif dengan mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran
batik tulis berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.