Partisipasi Masyarakat dalam Mengembangkan Pasar Papringan Ngadiprono Ngadimulyo Kedu Temanggung Jawa Tengah

Bayu Widiatmoko Putro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang (1) Partisipasi masyarakat Ngadiprono dalam mengembangkan Pasar Papringan (2) manfaat partisipasi terhadap kehidupan dan lingkungan masyarakat. Partisipasi merupakan faktor penting dalam pembangunan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola pasar papringan, pelapak pasar papringan, dan masyarakat Dusun Ngadiprono. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Partisipasi tersebut terdiri dari jenis partisipasi, bentuk partisipasi serta faktor partisipasi. Dalam jenis partisipasi berupa: partisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dan evaluasi. Dalam bentuk partisipasi terdapat dalam bentuk buah fikiran, tenaga, harta benda, keterampilan, dan sosial. Terdapat faktor pendukung partisipasi masyarakat dalam pengembangan Pasar Papringan berupa kesadaran diri, kunjungan masyarakat dan media massa.(2) Manfaat partisipasi masyarakat terhadap kehidupan dan lingkungan. kehidupan masyarakat mengalami perubahan dalam segi ekonomi, sosial dan budaya. Sumber belajar yang dapat ditemukan berupa sumber belajar manusiawi, bukan manusiwi, sosial budaya dan bahan alam atau potensi alam. Masyarakat mampu merawat dan menjaga kelestarian hutan bambu, mengurangi sampah plastik, membangun kembali jalan trasah, dan menjunjung tinggi kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan hutan bambu.

Keywords


Partisipasi masyarakat, Sumber belajar, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Dwiningrum, S.I.A. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huraerah, A. (2008). pengorganisasian & pengembangan masyarakat: Model & Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Humaniora

Rodliyah, S.T. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sunartiningsih, A. (2004). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal. Yogyakarta: Aditya Medika Yogyakarta

Sutarto, J.(2008). Identifikasi Kebutuhan Dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Jalal, F & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Depdiknas-Bapenas-Adicitakaryanusa.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i3.19776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia