Pendidikan Seks Berbasis Budaya Lokal pada Anak Usia Dini (3-5 Tahun) oleh Keluarga di Dusun Semen Sukoreno Sentolo Kulonprogo

Nike Nurjanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran proses dan hasil pendidikan seks berbasis budaya lokal pada anak usia dini (3-5 tahun) di Dusun Semen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari pendidikan seks berbasis budaya lokal pada anak usia 3-5 tahun oleh keluarga di Dusun Semen. Pertama, hasil belajar anak secara kognitif menunjukkan anak-anak tersebut mampu menggunakan logikanya untuk mengingat hal-hal yang diajarkan orangtuanya. Kedua, secara afektif menunjukan anak mampu menerima, memahami, serta menanggapi pendidikan seks. Ketiga, psikomotorik menunjukkan anak mampu menguasai apa yang diajarkan orangtua berupa tindakan, selain keberhasilan tersebut akibat dari ketidakdisiplinan menghasilkan budaya buang air kecil tidak pada tempatnya. Kebudayaan tersebut dapat memancing timbulnya sebuah pelecehan bahkan kekerasan seksual pada anak usia 3-5 tahun di Dusun Semen.

Keywords


pendidikan seks, budaya lokal, anak usia dini, keluarga

Full Text:

PDF

References


Agustina, Nora. (2018). Perkembangan Warga belajar. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Ahmadi, A & Supriyono. (2004) Psikologi Belajar. Bandung: Pustaka Setia

Alnashr, M.A, 2018, Seksualitas, Ancaman MasaDepanAnak? http://jateng.tribunnews.com/2018/01/seksual itas-ancaman-masa-depan-anak, diakses pada tanggal 29 Desember 2018.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aziz, Safrudin. (2017). Pendidikan Seks Prespektif Terapi Sufistik Bagi LGBT. Kendal: CV Achmad Jaya Group.

Badaruddin, Achmad. (2015). Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional. Padang: CV ABE Kreatifindo.

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Penendidikan Era Globalisasi. An1mage: www.an1mage.org.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2018). Buku Saku: Panduan Teknis Pembinaan Pengembangan Desa Budaya. Yogyakarta: Dinas Kebudayaan DIY.

Dinsos PPPA, 2016,Data Anak, http://dinsos.kulonprogokab.go.id/pages-94- standar-operasional-prosedur.html, diakses pada 30 Desember 2018.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono &Wuryani, S.E. (2008). Pendidikan Seks Untuk Keluarga. Jakarta: PT Indeks.

Eliyawati, Cucu. (2008). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fitrah, M. & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jakarta: CV Jejak.

Hamdani, M. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Husamah, dkk. (2018). Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Jalal, Fasli. & Dedi Supriadi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Jatmikowati, T. E. Angin, R. & Ernawati. (2015). Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Prespektif Gender untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Pendidikan sesk, prespektif gender, anak usia dini, dan sexual abuse, 435-438. Diambil pada tanggal 02 Januari 2019,darihttps://www.researchgate.net/publication/312598880_MODEL_DAN_PENDIDIKAN_SEKS_ANAK_USIA_DINI_PRESPEKTIF_GENDER_UNTUK_MENGHINDARI_SEXUA L_ABUSE.

JWM. Bakker SJ. (1984). Filsafat Kebudayaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

KBBI. Indikator. https://kbbi.web.id/indikator. diakses 26 Januari 2019.

Kirnandita, P. (2018). Pengetahuan seks adalah tabu: Bikin Malu Sekaligus Penasaran. Diakses dari Jateng.tribunnews.com/2018/01/10/

Kirnandita, Patresia. Pengetahuan Seks adalah tabu, http://tirto.id/pengetahuan-seks-adalah-tabu-bikin-malu-sekaligus-penasaran-cEHw, diakses pada 30 Desember 2018.

Koentjaraningrat. (2004). Kebudayaan, Mentalis Dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Liriwati. F. S. (2018). Keberadaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam Mendorong Sinergitas Kontribusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Menuju Generasi Indonesia Emas 2045. Hal 33. Diakses pada tanggal 02 April 2019, dari https://books.google.com/books/about/JOURNAL_INDRAGIRI.html/hl=id&id=jhxKDw AAQBAJ.

Lubis, Amany. (2018). Ketahanan Keluarga dalam Prespektif Islam. Jakarta: Pustaka Cendekiawan 2018.

Maskur, Said, dkk. (2017). Pendidikan Gender “Dalam Sudut Pandang Islam”. Indragiri Dot Com. Diakses pada 02 April 2019 https://books.googlel.com/book/about/Pendidikan_Gender_Dalam_Sudut_Pandang_Is.html?hl+id&id=a3VZDw AAQBAJ.

Moleong. Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulawarman, W. G. & Rokhmansyah, A. (2019). Ketahanan Keluarga. Samarinda: CV Istana Agency.

Muslimin. (2015). Perilaku Antropologi Sosial Budaya Dan Kesehatan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nafakha, R. (2016). Perkembangan AnakUsia Dini. Kompasiana.

Nata, Abudin. (1997: 10). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Ngaderi, T. B. (2017). Pendidikan Berbasis Budaya,http://www.kompasiana.com/m.trimanto/5893efcbf692733a1bf67257/pendidikan- berbasis-budaya, diakses pada 18 Mei 2019

Panjaitan, A. P, dkk. (2014). Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prasetya. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Prastowo, Andi. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Jakarta: Prenamedia Group.

Putri. (2018). Enam manfaat pendidikan seks sejak dini untuk anak. https://www.idntimes/diakses 16 Desember 2018.

Rasyid, Harun. & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Wacana Prima.

Rohani, Ahmad. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i1.19456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia