Peran Orang Tua dalam Literasi Al Qur’an pada Anak Usia Dini di TPA Al Falaah Mrican, DIY

Refiena Nurluthfyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Literasi Al Qur’an Pada Anak Usia Dini di TPA Al Falaah Mrican, D.I.Yogyakarta. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu orang tua santri TPA Al Falaah yang berusia dini. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian datam dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Peran Orang Tua dalam mengenalkan literasi Al Qur’an yaitu, a) Menjadi teladan bagi anak. b) Membimbing dalam kegiatan belajar. c) Memberikan dukungan secara moril dan materil dalam kegiatan belajar. Faktor Pendukung dan penghambat yaitu: (a) Adanya waktu luang orang tua untuk mengajarkan. (b) Adanya pembiasaan dari orang tua. (c) Kecerdasan anak yang mudah menerima pelajaran. (d) Kemauan anak yang muncul dengan sendirinya. Sedangkan faktor penghambat yaitu: (a) Kurangnya waktu luang orang tua dalam mengajarkan anak karena ada hal lain yang harus di urus. (b) Suasana hati anak yang mudah berubah. (c) Konsentrasi anak yang masih belum fokus pada saat pembelajaran. (d) Huruf hijaiyah yang sulit untuk dibaca dan ditulis oleh anak sehingga sulit untuk diikuti.

Keywords


peran orang tua, literasi al qur’an, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus., Tita Mulyati., Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis.Jakarta: Bumi Aksara

Fadlillah, Muhammad dan Lilit Mualifatu Khorida. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya Dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Panduan Untuk Pendidik, Mahasiswa & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kiromi, Ivonne Hafidlatil dan Puji Yanti Fauziah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 48-59. Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm

Muliawan, Jasa Ungguh. 2005. Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Qurota ‘Ayun, Nanik Prihartanti, Chusniatun. (2015, November). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33-40). DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i2.2601

Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT Indeks

Subekti, Septi Ari. (2016, April). Peran Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Purwokerto: UMP. Diambil dari http://repository.ump.ac.id/1258/

Sujarwo, Ibnu Samsi dan Lutfi Wibawa. (2018). The Implementation of Learning Tourism Models to Nurture Envoirment Care Behavior, 37(1).119-126. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18784/pdf

Yulianto, Agus. 2018. Buta Aksara Al Qur’an Tinggi, Ini Penyebabnya Kata Kemenag. Khazanah. Diunduh dari https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/01/18/p2r28k396-buta-aksara-alquran-tinggi-ini-penyebabnya-kata-kemenag pada tanggal 24 September 2018




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i1.19454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia