Implementasi Pelatihan Life Skill dalam Mengembangkan Kemandirian Warga Disabilitas Binaan di Yayasan Sayap Ibu Sleman Yogyakarta

Umi Salamah El Mufidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan pelatihan life skill dalam mengembangkan kemandirian warga disabilitas binaan di Yayasan Sayap Ibu Sleman Yogyakarta. 2) Hambatan dalam pelaksanaan pelatihan life skill dalam mengembangkan kemandirian warga disabilitas binaan di Yayasan Sayap Ibu Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah ketua umum panti III, pengelola panti III, warga binaan disabilitas dan tutor pelatihan life skill. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengambilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pelatihan life skill dalam mengembangkan kemandirian warga disabilitas binaan di panti III Yayasan Sayap Ibu meliputi praktek pelatihan life skill generic skill. 2) Faktor penghambat pelaksanaan pelatihan life skill dalam mengembangkan kemandirian warga disabilitas binaan di yayasan sayap ibu yaitu perasaan/mood warga binaan yang sering berubah-ubah sehingga dalam pelaksanaannya terkadang ada yang tidak mau mengikuti dan harus dengan pendekatan personal agar mau berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pelatihan life skill.

Keywords


Life Skill, Kemandirian, Disabilitas

Full Text:

PDF

References


Efendi, y. k. (2017). Pelaksanaan Program Pendidikan Pelatihan. khazanah pendidikan, 2-13.

Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skills Eduction).

Bandung: ALFABETA.

Ramadhani, Niko. 2020. 4 Permasalahan Pendidikan di Indonesia yang Masih Ada Sampai Saat Ini. https://www.akseleran.co.id/blog/p ermasalahan-pendidikan-di- indonesia/ (Di akses pada 1 April 2021)

Suratman, S., & Eriyanti, E. (2020, May). Peningkatan Sumber Saya Manusia Melalui Pelatihan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Paalembang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i2.19439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia