Peningkatan Kapasitas Pemuda melalui TOT Kepariwisataan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Desa Wisata Petingsari

Ika Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: (1) proses peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari, (2) hasil peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari mencakup penyadaran, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan.(2) hasil peningkatan kapasitas pemuda melalui 4 kecakapan yaitu kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional.(3) faktor pendukung dari pemberdayaan pemuda yaitu dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh BCA dan trainer dalam pelatihan. Faktor penghambatnya yaitu kendala dalam waktu pelaksanaan yang diundur tidak sesuai rencana awal yang mengakibatkan peserta yang hadir tidak sesuai dengan rencana.

Keywords


Peningkatan Kapasita, TOT, Pengelolaan

Full Text:

PDF

References


Ambar Teguh. (2004). Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Anwar. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Bagus. (2012). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.

Citra, S. (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan (Perubahan Sosial Melalui Pembelajaran Vocational Skills Pada Keluarga Nelayan). Bandung : Alfabeta.

Entoh Tohani. 2018. Pemetaan Kebutuhan Pendidikan Kecakapan Hidup Di Kawasan Wisata Kars Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11 (1), 1-10.

Hiryanto. 2015. Pengembangan Model Pelatihan Kepemimpinan Bagi Organisasi Kepemudaan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2).

Lynton. (1984). Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja. Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo.

Sihombing, Umberto. (2000). Pendidikan Luar Sekolah: Manajemen Strategi. Jakarta: PD. Mahkota.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wibawa, Lutfi. 2013. Pemberdayaan Pemuda Melalui Social Capital. Jurnal Pemberdayaan Pemuda Melalui Social Capital, p 137 142.

Yusuf, A. 2017. Identification of Learning Needs of Youth: The Case Study At The Tourism Village Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. YICEMAP. Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i1.19353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia