Pengaruh Kepramukaan Perguruan Tinggi Terhadap Sikap Kepemimpinan di Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

Dini Azizah Muzdalifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh bina diri pada Kepramukaan Perguruan Tinggi terhadap sikap kepemimpinan bagi para anggota Pramuka Perguruan Tinggi di Kwartir Cabang Kota Yogyakarta; (2) mengetahui pengaruh bina satuan pada Kepramukaan Perguruan Tinggi terhadap sikap kepemimpinan bagi para anggota Pramuka Perguruan Tinggi di Kwartir Cabang Kota Yogyakarta; (3) mengetahui pengaruh bina masyarakat pada Kepramukaan Perguruan Tinggi terhadap sikap kepemimpinan bagi para anggota Pramuka Perguruan Tinggi di Kwartir Cabang Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto dan dilaksanakan di Kampus Perguruan Tinggi yang memiliki gugus depan Pramuka yang berada di Kwartir Cabang Kota Yogyakarta dengan jumlah populasi sebanyak 193 orang. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Angket dibagi menjadi 2 yaitu untuk mengungkap kepramukaan Perguruan Tinggi yang meliputi bina diri, bina satuan dan bina masyarakat dan sikap kepemimpinan. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji prasyarat berupa uji normalitas dan lineritas dan uji hipotesis dengan uji korelasi menggunakan rumus pearson product moment dengan bantuan program SPSS 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% dan rtabel = 0,146 diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif bina diri kepramukaan perguruan tinggi terhadap sikap kepemimpinan dengan nilai koefisien korelasi r sebesar 0,538. (2) Terdapat pengaruh positif bina satuan kepramukaan perguruan tinggi terhadap sikap kepemimpinan dengan nilai koefisien korelasi r sebesar 0,478. (3) Terdapat pengaruh positif bina masyarakat kepramukaan perguruan tinggi terhadap sikap kepemimpinan dengan nilai koefisien korelasi r sebesar 0,601.

Keywords


bina diri, bina satuan, bina masyarakat, sikap kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Kepres. (2009). Lampiran Keputusan Presiden nomor 24 tahun 2009 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.

Kwarnas. (2007). Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 231 tahun 2007, tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka.

Kwarnas. (2011). Keputusan Kwartir NasionalGerakan Pramuka Nomor 180 A Tentang Petunjuk Pelaksanaan Gugus Depan Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi.

Kwarnas. (2013). Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 11/Munas/2013, tentang Anggaran Dasar dan anggaran Rumah Tangga.

Presiden Republik Indonesia. (2010). Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Soelaman Joesoef. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Nonformal. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2005). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i1.19352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia