Pemberdayaan Perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Keluarga

Rini Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama dalam meningkatkan kesejahteraan sosial keluarga (2) mengetahui hasil dari pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui kelompok usaha bersama untuk meningkatkan kesejahteraan sosial keluarga dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan perempuan melalui kelompok usaha bersama dalam meningkatkan kesejahteraan sosial keluarga di Dusun Sorogaten, Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subyek pelitian adalah pendamping, pengurus,anggota, keluarga KUBE. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan porpossisve sampling. Pe ngumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemberdayaan perempuan melalui KUBE memiliki 8 tahap yaitu; (a) penyusunan kelompok kecil (b) pembangunan kelompok (c) pemilihan fasilitator (d) pengaktifan kelompok (e) penyelenggaran pertemuan (f) pendukungan aktifitas (g) pengembangan hubungan (h) lokakarya, (2) Hasil dari Pemberdayaan perempuan melalui KUBE dalam meningkatkan Kesejahteraan sosial keluarga antara lain (a) adanya peningkatan pendapatan (b) memperoleh pengetahuan serta keterampilan baru (c) terciptanya kemandirian (d) meningkatnya interaksi sosial (3) Faktor pendukung dan penghambat antara lain (a) faktor pendukung adanya dukungan dari pihak keluarga, dukungan dari pemerintah (b) faktor penghambat antara lain kurangnya motivasi anggota untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan, kurangnya keterampilan serta pengetahuan.

Keywords


pemberdayaan perempuan, kelompok usaha bersama, kesejahteraan sosial

Full Text:

PDF

References


Anwar. (2007). Menejemen Pemberdayaan Perempuan. Bandung: Alfabeta.

Dinas Sosial Provinsi Yogyakarta. (2010). KUBE Program Strategis Dinas Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan. diakses http://www.p2kp.org/warta/files/dinso s- DIY_PAPARAN%20_KUBE.pdf

pada tanggal 4 Juni 2017

Dinsos DIY-KUBE. (2015). Kumpulan Orang Miskin Untuk Mandiri. Diunduh pada tanggal 02 Februari 2016 dari Dinsos.jogjaprov.go.id

Istiana Hermawati. (2006). Ujicoba Model KUBE dalam Pengentasan Keluarga Miskin. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 226 - 238.

doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v 2i2.6361 pada 22-11-2017

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulistiyani, Ambar Teguh. (2004).

Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media

Usman, Suyonto. (2010). Pembangunan dan pemberdayan Masyarakat.

Yogyakarta : Pusat Pelajaran




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i3.19312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia