Pola Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Orang Tua Pekerja di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Cempaka Kuning, Glondong, Wirokerten

Adhien Wandani, Fitta Ummaya Santi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua pekerja, faktor pendukung dan penghambat dalam pola pengasuhan anak usia dini, cara mengatasi masalah atau hambatan yang terjadi dalam mengasuh anak usia dini, dan perilaku anak dilihat dari pola pengasuhan yang diterapkan para orang tua pekerja terhadap anak usia dini yang bersekolah di Satuan Paud Sejenis (SPS) Cempaka Kuning, Glondong, Wirokerten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang merupakan pasangan keluarga pekerja. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua pekerja terhadap anak usia dini yang bersekolah di SPS Cempaka Kuning, Glondong mengacu pada pola pengasuhan demokratis, namun terdapat 1 ayah pekerja yang menerapkan pola pengasuhan demokratis-permisif. (2) faktor penghambat orang tua pekerja dalam mengasuh anak usia dini yaitu waktu, rasa lelah, permasalahan dalam pekerjaan, dan suasana hati yang tidak menentu baik dari orang tua maupun suasana hati anak. (3) faktor pendukung orang tua pekerja dalam mengasuh anak usia dini yaitu adanya peran pasangan dalam mengasuh dan mendidik anak serta rasa tenggungjawab dan rasa sayang orang tua pada anak usia dini. (4) perilaku ank usia dini dalam pergaulan ialah aktif, ceria, senang bergaul, mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri serta terbuka dengan orang tua, meskipun terkadang anak akan menangis, merengek, hingga mengamuk saat keinginannya tidak terpenuhi.

Keywords


Anak Usia Dini, Orang Tua Pekerja, Pola Pengasuhan

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48

Dagun, S. M. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Dimyati, I. (2007). Membangun Ketahanan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Izzati, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah Masalah dan Cara Menghadapinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jailani, S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8 (1).

Narsidah. (2014). Buku Pedoman Pengasuhan Anak BMI/TKI Berbasis Komunitas. Diakses dari issue: https://issuu.com/infest/docs/b uku_utuh pada tanggal 21 Juli 2021, pukul 20.47 WIB.

Pahenra, S. N. (2018, Juli). Deskripsi Pola Asuh Orang Tuayang Bekerja Pada Anak Usia Dini Di Tk Tunas Makarti Kotakendari. JURNAL Smart PAUD,1 (2), 176-182.

Papalia, D.E., Old, S. W. & Feldman,R.D. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prameswari, C. (2016). Mengasuh Anak dengan Hati, Pedoman Pola Asuh Dengan Emosi dan Energi Positif. Yogyakarta: Saufa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyadi, U. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. (2009).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Diases dari https://jdih.kemenkeu.go.id/full text Pada tanggal 9 April 2021 pukul 17.00 WIB.

Tim Penyusun. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (kemdikbud.go.id). pada tanggal 18 November 2020 pukul 11.00 WIB.

Ulfiah. (2016). Psikologi Keluarga (Pemahaman Hakikat Keluarga & Penanganan Problematika Rumah Tangga). Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i3.19091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia