Pemberdayaan Perempuan Pekerja Melalui Home Industry Sale Pisang Indolia Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Dusun Cibenon Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) medeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan perempuan, (2) mendeskripsikan dampak pemberdayaan perempuan, (3) mendeskrisikan faktor pendorong dan menghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia. Pendekatan pelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dimana data diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model miles and Huberman dimana langkah – langkah analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia meliputi empat tahap yaitu penyadaraan, rekrutmen, proses pendampingan dan evaluasi, (2) dampak pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia dari aspek ekonomi dan pendidikan, (3) faktor pendukung pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia respon positif dari masyarakat, cuaca yang mendukung, potensi alam yang memadai dan faktor penghambat yaitu tenaga kerja yang tidak mencukupi jika permintaan banyak, cuaca yang tidak menentu seperti musim hujan sehingga karyawan tidak dapat menjemur olahan sale pisang dan terbatasannya oven yang tersedia.

Keywords


Home Industry, Pemberdayaan Perempuan Pekerja, Sale Pisang

Full Text:

PDF

References


Afandi, Ahmad, Sukidin, & Suharso, Pudjo. (2018). Peran Buruh Perempuan Pada Home industry Kerupuk (Studi kasus Pada Buruh Perempuan di Desa Mangli Kecamata. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 1 (3), 179. Part 2.

Badan Pusat Stasitika. (2020). Tentang Pesentase Penduduk Miskin. Pada tanggal 02 april 2020 pukul 19.00 WIB. Diakses dari:https://www.bps.go.id/pre ssrelease/2020/07/15/1744/per sentase-penduduk miskin- maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.html

Burhan Bungin. (2012). Anaisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nurdin, Ridwan. (2018). Pemberdayaan, Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi: Sebuah Analisis Konseptual. Manajemen dan inovasi. Vol. 9(1), 60-70.

Prijono, O.S., dan Pranarka, A.W.W. (1999). Pemberdayaan: konsep, kebijakan, implementasi. Jakarta: CSIS.

Suharta, RB. (2012). Pendidikan kewirausahaan. Yogyakarta: UNY

Sujarwo, Wibawa Lutfi. (2013). Analisis Permasalahan Perempuan dan Potensi Lokal, di Kabupaten GunungKidul Daerah Istimewah Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol 18(2), 166-177.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i2.19063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia