Hubungan Pendekatan Andragogi Dengan Kualitas Pembelajaran Pada Kejuruan Front Office Tahun 2020-2021 Di BLKPP DIY

Anggi Ayu Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan pendekatan andragogi dengan kualitas pembelajaran pada kejuruan front office tahun 2020-2021 di BLKPP DIY. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dan termasuk ke dalam penelitian ex post facto. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Pembagian kuesioner mendapat 34 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas konstruk yang dianalisis menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil validitas instrumen dinyatakan 27 soal valid, sedangkaan hasil reliabilitas instrumen diperoleh nilai sebesar 0,906 yang memenuhi indeks reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana. Proses pengolahan data menggunakan SPSS 23 dan Microsoft Excel 2016. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ditemukan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan andragogi dengan kualitas pembelajaran dengan presentase sebesar 58,0% dan sebesar 48,0% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Pendekatan Andragogi, Kualitas Pembelajaran, Kejuruan Front Office

Full Text:

PDF

References


Arif, Zainudin. 1984. Andragogi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka IKAPI.

Kamil, Mustofa. 2007. “Teori Andragogi,” dalam Ibrahim, R. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jilid I, Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lestari, Gunarti Dwi dan Widya Nusantara. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Non Formal. Jawa Timur: CV. Beta Aksara.

Saifuddin, Muhammad. 2010. Andragogi Teori Pembelajaran Orang Dewasa. Lampung: Fakultas Dakwah IAIN Raden Intan Lampung.

Selamet Aku, Achmad dkk. 2019. Database Pengangguran Berpenddikan Tinggi Di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudjana. 2000. Pendidikan Luar Sekolah.

Bandung: Falah Production.

Sudjana. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, Vol. 01 No. 01, hlm. 47. Artikel diakses dalam https://ejournal.unuja.ac.id/ pada 27 Desember 2021

Anshori, Z., & Suparta, I. M. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Angkatan Kerja, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur (2007-2016). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol: 3( No. 02). Diakses dalam https://core.ac.uk/ pada tanggal 04 Juli 2022

Bartin, Tasril. (2006). Pendidikan Orang Dewasa Sebagai Basis Pendidikan Non Formal. Jurnal Teknodik, Vol.10, No.19, hlm. 162-165. Artikel diakses dalam https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.i d/ pada 03 januari 2022

Befrianita. U, Theresia. (2020). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan BLKPP Provinsi Yogyakarta. Skripsi, hlm: 7-12. Skripsi diakses dalam http://repository.usd.ac.id/ pada 29 Desember 2021

Budiwan, Jauhan. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, Vol.10, No.2, hlm 110-112. Artikel diakses dalam https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/ pada 24 Desember 2021

Dien, A. N. N. C., Royanto, L. R., & Djuwita, E. (2019). Pelatihan Fathering untuk Meningkatkan Keterlibatan Ayah dalam Pengaushan Anak Usia 3-5 Tahun. Wacana, Vol. 11(No. 1), hlm 150-162. artikel diakses dalam https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.a c.id/ pada tanggal 10 Januari 2022

Elis, R., & Santika, T. (2018). Peran Instruktur dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Belajar Program Pelatihan Instalasi Listrik. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Diakses dalam https://unnes.ac.id/ pada tanggal 04 Juli 2022

Erlinda, Mei. (2018). Gambaran Penerapan Prinsip Belajar Andragogi Pada Mahasiswa Universitas Sumatra Utara (USU). Skripsi, hlm 10-14. Skripsi diakses dalam https://repositori.usu.ac.id/ pada 23 Desember 2021

Fahmi, A. (2022). Manajemen Perpustakaan Modern Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, Vol 10(no 1), hlm 52-56. Artikel diakses dalam https://journal.undikma.ac.id/ pada tanggal 19 Februari 2022

Faisol, M. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning (PBL) pada mata diklat menata produk untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Artikel diakses dalam https://repository.um.ac.id/ pada tanggal 28 Januari 2022

Fitria, Siska dan Vega Fauzana Ariva. (2018). Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indoneisa (Vol. 18(No. 3),hlm. 200. Artikel diakses dalam https://journals.telkomuniversity.ac/id pada 19 Mei 2022

Fitriah, A., Muhsinin, U., & Fadlan, A. (2020). Proses Pembelajaran Di Kelompok Bermain Kb Melati Desa Tangjung Mudo Kecamatan Pangkalan Kabupaten Merangin (Doctoral dissertation, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi). Artikel diakses dalam https://repository.uinjambi.ac.id/ pada tanggal 3 Maret 2022

Franita, Riska. (2016). Analisa Pengangguran Di Indonesi. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol. 1, hlm 88-89. Artikel diakses dalam http://jurnal.um- tapsel.ac.id/ pada tanggal 18 Desember 2021

Gunawan, Andreas Aldo dan HP. Sunardi. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gesit Nusa Tnagguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1, hlm 3. Artikel diakses dalam https://media.neliti.com/ pada tanggal 20 Juni 2022

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.12 No.1, hlm 91-92. Artikel diakses dalam http://jurnal.upi.edu/ pada tanggal 16 Maret 2022

Hardiyan, R. C., Aesijah, S., & Suharto, S. (2019). Pembelajaran Lagu Dolanan Untuk menanamkan Nilai Karakter Pada Siswa SD Negeri Sekaran 01. Jurnal Seni Musik, Vol.8 (No.2), hlm. 106-116. Artikel diakses dalam https://journal.unnes.ac.id/ pada tanggal 10 Agustus 2021

Hartono, R., Busari, A., & Awaluddin, M. (2018). Pengaruh produk domestik regional bruto (pdrb) dan upah minimum kota (umk). Inovasi, Vol : 14(No. 1), hlm: 36-43. Diakses dalam https://unmul.ac.id/ pada tanggal 04Juli 2022

Hatmoko, Jefri H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Pelajaran Penjasorkes Di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education , Sport, Health and Recreations, hlm: 1731. Artikel diakses dalam https://journal.unnes.ac.id/ pada 02 Januari 2022

Hidayah, Rafita. (2019). Penerapan Prinsip- prinsip Andragogi Dalam Proses Pembelajaran Kejar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Arrohmah, Mranggen, Demak. Skripsi hlm: 15-24. Skripsi diakses dalam http://lib.unnes.ac.id/ pada 29 Desember 2021

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi, Dan Heutagogi Serta Imlipkasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan Vol. XXII, No 01, hlm. 67-73. Artikel diakses dalam https://journal.uny.ac.id/ pada 29 Desember 2021




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i1.19060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia