EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA AUTIS KELAS VI

Ani Iswandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media diorama dalam meningkatkan hasil
belajar IPA pada siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian
ini merupakan penelitian jenis kuasi eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research).
Subjek penelitian ini yaitu satu orang siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita
Yogyakarta. Desain penelitian subjek tunggal yang digunakan yaitu A-B-A’ yang meliputi fase
baseline 1, fase intervensi, dan fase baseline 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama
efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Autis Bina
Anggita Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan presentase skor rata-rata pada fase
baseline 1 sebesar 56,6%, pada fase intervensi sebesar 95%, dan pada fase baseline 2 sebesar 93,3%.
Perolehan presentase skor rata-rata pada fase baseline 2 yang lebih besar dibandingkan pada fase
baseline 1 menunjukkan media diorama berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA
pada siswa autis kelas VI. Hal ini juga diperkuat dengan perolehan presentase overlap yang rendah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter