METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II

Dewi Setianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan penguasaan
kosakata benda siswa tunarungu kelas dasar II SLB Wiyata Dharma 1 Sleman melalui metode
pemberian tugas dengan kliping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model
Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes
penguasaan kosakata. Subyek penelitian ini berjumlah tiga siswa tunarungu yaitu IT, RS, dan BA.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dengan kliping dapat memperbaikan proses
pembelajaran dan meningkatkan penguasaan kosakata benda siswa. Hal tersebut terlihat dari perhatian,
ketertarikan dan respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Hasil penguasaan kosakata
benda pada pra tindakan, IT memperoleh nilai 35, RS 30, dan BA 35. Pada siklus I, IT memperoleh
nilai 65, RS 50, dan BA 55. Pada siklus II, IT memperoleh nilai IT 85, RS 70, dan BA 80.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter