PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN HOLTIKULTURA BAGI ANAK AUTISTIK DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Citrawati Rochmah Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan holtikultura bagi anak autistik meliputi pelaksanaan pembelajaran, kesulitan yang dialami guru dan upaya guru dalam menanganinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta dengan subjek tiga orang guru. Metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Kredibilatas dan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan holtikultura telah disesuaikan dengan karakteristik anak autistik. Kesulitan yang dialami guru saat pelaksanaan pembelajaran keterapilan holtikultura yaitu perlengkapan pembelajaran keterampilan holtikultura yang masih terbatas dan kurang efektif, masalah perhatian siswa, masalah emosi siswa, dan masalah perilaku siswa. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut cukup efektif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter