KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB C KARYA BHAKTI PURWOREJO

Damayanti Nahampuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi kepribadian guru dalam
pembelajaran anak autis di SLB C Karya Bhakti Purworejo. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Subjek merupakan guru SLB C Karya Bhakti yang mengajar dikelas autis
sebanyak 4 orang. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Analisis data dengan
mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan dan keabsahan data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki kompetensi
kepribadian sebagai guru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005tentang guru dan
dosen dan telah diterapkan dalam pembelajaran bagi anak autis. Guru memiliki kepribadian yang
mantap dan stabil, bersikap arif dan bijaksana, memiliki kewibawaan sebagai guru, bersikap dan
bertindak secara dewasa, berahlak mulia, dan menampilkan keteladanan bagi peserta didik.
Kemampuan subjek dalam menerapkan kompetensi kepribadian sebagai guru bagi anak-anak autis
selain berbekal pengetahuan dan pendidikan sebagai guru juga didasari penghayatan akan visi misi
SLB C Karya Bhakti yakni menciptakan pendidikan berciri khas cinta kasih. Namun, untuk
meningkatkan kompetensi kepribadian guru masih tetap membutuhkan pelatihan dan pembinaan.
Disisi lain, guru belum memiliki keterbukaan dalam menyampaikan permasalahan yang dialami ke
pihak sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter