PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA TUNARUNGU KELAS IVA SLBN 2 BANTUL

Desak Mirah Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk dan wujud benda kelas IVA SLB Negeri 2 Bantul melalui problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang siswa tunarungu yaitu AUP, RAS dan NNK. Analisis data dilaksanakan dengan kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan problem based learning dalam pembelajaran IPA dapat memperbaikan proses dan meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut terlihat dari siswa terlihat aktif dan siswa menunjukkan ketertarikan dalam setiap proses pembelajaran. Selama pembelajaran siswa terlihat memperhatikan guru dan siswa sering mengemukakan pendapatnya mengenai materi pembelajaran. Hasil belajar pada pra tindakan AUP memperoleh nilai 90, RAS 60, sedangkan NNK 35. Siklus I hasil belajar yang diperoleh AUP 95, RAS 60, dan NNK 50. Siklus II hasil belajar yang diperoleh AUP 100, RAS 75, dan NNK 85.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter