PENGGUNAAN MEDIA POP-UP UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS P1 DI SLB DENA UPAKARA WONOSOBO

Faisal Huda Aman Tantra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata benda anak tunarungu
menggunakan media Pop-up di kelas P1 SLB Dena Upakara wonosobo. Peningkatan dari penggunaan media
Pop-up dapat dilihat dari perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart
yang didalamnya memiliki empat tahap dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian merupakan anak tunarungu kelas P1. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan
observasi dan instrumen tes kemampuan penguasaan kosakata benda. Hasil penelitian menunjukan bahwa media
Pop-up dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata benda pada anak tunarungu yang ditunjukan
dengan perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II. Anak menjadi lebih mudah memahami
dan mengerjakan intruksi guru dengan baik setelah perbaikan yang dilakukan pada segi media maupun anak
sehingga kemampuan penguasaan kosakata benda anak meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan
meningkatnya hasil tes kemampuan penguasaan kosakata benda yang telah memenuhi kriteria ketuntasan
minimal (KKM) yaitu 70%. Kemampuan awal subjek DA sebesar 25%, AML sebesar 30%, MDN 45%, dan
subjek FLS 30%. Kemudian pada tindakan siklus I seluruh subjek mengalami peningkatan, subjek DA sebesar
70%, AML 70%, MDN 50% dan FLS 55%. Kemudian setelah dilakukan pembelajaran dan perbaikan pada
siklus II seluruh subjek telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM 70%, dengan pencapaian nilai subjek
DA 85% dengan kategori baik, subjek AML 80% dengan kategori baik, MDN 75% dengan kategori cukup, dan
FLS 75% dengan kategori cukup.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter