PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH MELALUI MEDIA PUZZLE PADA ANAK AUTIS KELAS II SD DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

DEWI NOVITA SARI

Abstract


Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh melalui media puzzle pada anak autis kelas II SD di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian yatu seorang anak autis kelas II SD di SLB Citra Mulia Mandiri yang belum mengenal konsep anggota tubuh. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dilengkapi analisis kualitatif untuk membahas proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh anak autis kelas II SD di SLB Citra Mulia Mandiri. Peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 15% dari kemampuan awal 55 menjadi 70. Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil tes kemampuan memasangkan nama dan gambar, kemampuan menunjuk, kemampuan menghitung anggota tubuh. Hasil siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu 75. Peneliti dan guru merencanakan perbaikan dan tindakan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada siklus I agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dari hasil observasi dan dokumentasi, anak yang pada awalnya belum mengenal anggota tubuh setelah mendapatkan tindakan, kemampuan anak menjadi meningkat.Peningkatan diperoleh dengan memberikan latihan setelah pelaksanaan tindakan. Peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 21% dari kemampuan awal 55 menjadi 76. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan : 1) memasangkan nama dan gambar anggota tubuh, 2) menunjukkan anggota tubuh, 3) menghitung jumlah anggota tubuh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter