PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS I SEKOLAH DASAR DI SLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN YOGYAKARTA

RIZKIKA PURNAMA DEWI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash
card pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas I Sekolah Dasar di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiga
kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang siswa tunagrahita kategori
ringan yang duduk di kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, dengan teknik
pengumpulan data menggunakan tes membaca permulaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas
instrumen dilakukan oleh dosen pembimbing dan guru kelas I di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta.
Analisis data dilakukan secara deskripsif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan membaca permulaan pada
siswa kelas I Sekolah Dasar di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan kemampuan membaca permulaan yaitu, subjek A dari kemampuan awal 59,86% mengalami
peningkatan sebesar 7,3% menjadi 67,16% pada siklus I dan meningkat 5,81% menjadi 72,97% pada siklus II,
maka total peningkatan yang dicapai oleh subjek A adalah 13,11%. Subjek B dari kemampuan awal 50,00%
mengalami peningkatan sebesar 11,62% menjadi 61,62% pada siklus I dan meningkat 9,87% menjadi 71,49% pada
siklus II, maka total peningkatan yang dicapai oleh subjek B adalah 21,49%. Subjek C dari kemampuan awal
59,05% mengalami peningkatan sebesar 8,51% menjadi 67,56% pada siklus I dan meningkat 5,95% menjadi
73,51% pada siklus II, maka total peningkatan yang dicapai oleh subjek C adalah 14,46%. Tindakan pada siklus I
berupa pembelajaran membaca permulaan menggunakan media flash card dengan satu sisi gambar kata. Tindakan
pada siklus II berupa pembelajaran membaca permulaan menggunakan flash card disertai perbaikan pada media
flash card yaitu flash card dengan format 2 sisi (bolak-balik), dengan sisi depan adalah gambar dan sisi belakang
berupa keterangan gambar yang disusun per-huruf, suku kata, dan kata, serta perbaikan dalam persiapan dan
pengkondisian siswa, reward dan motivasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter