EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN TULISAN AWAS PADA ANAK TUNANETRA LOW VISION KELAS I SDLB DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Elza Novi Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan metode multisensori terhadap kemampuan membaca
permulaan tulisan awas siswa tunanetra low vision kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian
yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR), desain A-B-A. Subjek penelitian adalah satu orang siswa
tunanetra Low Vision kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Objek penelitian berupa kemampuan
membaca permulaan tulisan awas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dengan
analisis data dalam kondisi dan analisis data anatarkondisi. Fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 memiliki
data yang stabil pada setiap fase. Perubahan level data antarkondisi menunjukkan bahwa antara fase baseline-1 dan
intervensi (B/A1) sebesar (+7,99) dengan arah membaik pada kondisi antara intervensi dan fase baseline-2 (A2/B)
sebesar (+0,58). Kondisi antara fase baseline-1dan intervensi (B/A1) dan kondisi antara fase intervensi dan fase
baseline-2 (A2/B) menunjukkan data overlap sebesar 0%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter