PENINGKATAN PEMAHAMAN BENCANA GEMPA BUMI TEKTONIK MELALUI MEDIA LEGO DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VII DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN

Zukhana Dwi Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bencana gempa bumi
tektonik pada siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS SLB Wiyata Dharma I Sleman
melalui penggunaan media lego. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua anak.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif
dengan persentase. Hasil menunjukkan bahwa media lego dapat meningkatkan
pemahaman anak mengenai materi gempa bumi pada siswa tunarungu kelas VII di SLB
Wiyata Dharma I Sleman dan telah mencapai kriteria ketuntasan 75 %. Peningkatan
yang terjadi pada siklus II yakni, persentase pencapaian pada skor meningkat menjadi
80% pada subjek I dari kemampuan awal 40%, dan presentase pencapaian skor
meningkat menjadi 88% pada subjek II dari kemampuan awal 28%. Peningkatan
tersebut ditunjukkan dengan siswa dapat menjawab/menjelaskan: 1) pengertian gempa
bumi tektonik, 2) dampak terjadinya gempa bumi, 3) tindakan jika terjadi gempa bumi,
4) faktor terjadinya gempa bumi tektonik dan 5) membedakan skala kekuatan gempa
bumi secara mandiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter