PENINGKATAN KEMAMPUAN KEGIATAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI DALAM MENCUCI DAN MENYETERIKA DENGAN METODE SIMULASI BAGI SISWA TUNANETRA DI ASRAMA SLB YAKETUNIS YOGYAKARTA

Almaidah Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kegiatan
kehidupan sehari-hari dalam mencuci dan menyeterika bagi siswa tunanetra di
asrama SLB A Yaketunis Yogyakarta dengan menggunakan metode simulasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian
yaitu dua siswa tunanetra buta total, kelas 3 dan 4 yang tinggal di asrama SLB
Yaketunis Yogyakarta. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data
dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan
kemampuan kegiatan kehidupan sehari-hari pada siswa tunanetra di asrama SLB
Yaketunis Yogyakarta. Peningkatan kemampuan mencuci dan menyeterika pada
siklus I ditandai dengan persentase pada siklus I subyek 1 sebesar 40% menjadi
62,50% dan subyek 2 kemampuan awal sebesar 47,50% menjadi 87,50%
.Peningkatan kegiatan mencuci dan menyeterika tersebut dilakukan dengan
tindakan pada siklus I tanya jawab tentang mencuci dan menyeterika
permasalahan kemampuan kegiatan kehidupan sehari-hari disekitar siswa
tunanetra. Pada siklus II peningkatan ditunjukan subyek 1 sebesar 55%, dari
kemampuan awal sebesar 40% menjadi 95% dan subyek 2 peningkatannya
sebesar 50%, dari kemampuan awal sebesar 47,50% menjadi 97,50%.
Peningkatan tersebut diperoleh dengan tindakan memberikan bimbingan khusus
berupa pendampingan individual dalam simulasi dan menjawab pertanyaan
kepada subyek yang lemah dan menguatkan dengan pemberian catatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter