PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA TUNANETRA KELAS 5A MELALUI PENDEKATAN PROSES DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Ulul Albab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui
pendekatan proses bagi siswa tunanetra kelas 5A di SLB A Yaketunis. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu tiga siswa tunanetra kelas 5A di SLB A
Yaketunis. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Satu siklus terdiri dari tiga pertemuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan menulis narasi dan observasi. Analisis data
yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa tunanetra. Hasil
tersebut dibuktikan dengan meningkatnya skor pencapaian kemampuan menulis narasi siswa.
Peningkatan kemampauan menulis narasi siswa tunanetra ditunjukkan dengan meningkatnya aspek
isi gagasan, penggunaan tanda baca yang lebih konsisten, penulisan ejaan yang benar dan
penguasaan aturan penulisan format braille. Meningkatnya kemampuan menulis narasi siswa
tunanetra diperoleh dengan menerapkan tahapan menulis, yaitu pramenulis, menulis draf, merevisi
menyunting dan publikasi. Serta perbaikan tindakan pada siklus II dan III. Kesimpulan akhir
adalah melalui penerapan pendekatan proses kemampuan menulis narasi siswa tunanetra
meningkat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter