EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF NON VERBAL ANAK TUNARUNGU TOTAL KELAS TKLB SLB N 2 BANTUL

Anis Denista Prahasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran (role playing) untuk
mengurangi perilaku agresif non verbal anak tunarungu total kelas TKLB di SLB N 2 Bantul. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah
A-B-A’. Subjek penelitian seorang anak tunarungu total kelas TKLB yang memiliki perilaku agresif non verbal.
Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon.
Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan adanya penurunan frekuensi perilaku agresif aspek non verbal khususnya perilaku
memukul pada subjek. Frekuensi target behavior yang dimunculkan subjek pada kondisi baseline (A-1) terdapat
lima sesi dengan frekuensi 6, 4, 11. 8, dan 9. Pada saat intervensi (B) terdapat sepuluh sesi dengan frekuensi 14, 24,
8, 6, 7, 3, 1, 0, 0, dan 0. Sedangkan pada saat baseline-2 (A-2) terdapat lima sesi dengan frekuensi 0 semua.
Berdasarkan data yang diperoleh, penggunaan metode bermain peran (role playing) efektif untuk mengurangi
perilaku agresif non verbal yang ditunjukkan dengan menurunnya frekuensi perilaku memukul pada intervensi dan
baseline-2 serta didukung tingkat overlap yang rendah. Pada hasil analisis antarkondisi baseline-I dengan
intervensi presentase overlap sebesar 30 % dan menurun pada analisis antar kondisi intervensi dengan baseline-II
yaitu 0%. Secara keseluruhan penerapan metode bermain peran (role playing) berpengaruh efektif digunakan untuk
mengurangi perilaku agresif non verbal anak tunarungu total kelas TKLB di SLB N 2 Bantul.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter